Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Teori Perkembangan Sosial yang Dikemukakan oleh Lev Vygotsky dan Jean Piaget

17 Oktober 2024   08:20 Diperbarui: 17 Oktober 2024   08:34 26 0
Teori Perkembangan Sosial-Emosional: Lev Vygotsky dan Jean Piaget
Perkembangan sosial-emosional merupakan aspek penting dalam tumbuh kembang seorang anak, karena mencakup cara mereka berinteraksi dengan orang lain, mengelola emosi, serta memahami lingkungan sosial di sekitarnya. Dalam dunia psikologi perkembangan, dua tokoh besar yang mengemukakan teori perkembangan anak adalah Lev Vygotsky dan Jean Piaget. Keduanya menawarkan pandangan berbeda tentang bagaimana anak-anak berkembang secara kognitif, sosial, dan emosional.

Teori Lev Vygotsky: Teori Sosiokultural
Lev Vygotsky, seorang psikolog asal Rusia, mengemukakan teori sosiokultural yang menekankan bahwa interaksi sosial merupakan faktor utama dalam perkembangan kognitif dan emosional seorang anak. Menurut Vygotsky, lingkungan sosial, terutama orang dewasa dan teman sebaya, berperan sangat penting dalam membantu anak memahami dan belajar tentang dunia.

Konsep Kunci dalam Teori Vygotsky:

Scaffolding: Scaffolding adalah proses dimana orang dewasa atau orang lain yang lebih berpengalaman memberikan bantuan yang tepat sesuai kebutuhan anak untuk menyelesaikan suatu tugas atau memahami konsep baru. Bantuan ini diberikan secara bertahap dan dihilangkan seiring dengan peningkatan kemampuan anak. Dalam perkembangan sosial-emosional, scaffolding bisa berupa memberikan bimbingan dalam mengelola konflik dengan teman sebaya, membantu anak mengekspresikan emosinya dengan tepat, atau memberi contoh perilaku sosial yang baik.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun