Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Marketing Public Relations

12 Oktober 2023   13:06 Diperbarui: 12 Oktober 2023   13:14 171 0
MARKETING PUBLIC RELATIONS

Marketing (pemasaran) adalah aktivitas dan proses menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra dan masyarakat umum dengan pengenalan produk atau sarana strategi yang digunakan untuk memahami kebutuhan dan keinginan konsumen yang kemudian melakukan perencanaan agar konsumen tahu tentang produk dan jasa kita. Marketer sendiri bertugas untuk meningkatkan kepuasan konsumen, menciptakan permintaan, meningkatkan permintaan, menjadikan permintaan in elastis (maksudnya adalah bila kita naikkan harga jual produk kita maka konsumen pun tetap membeli produk kita) dan menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Seorang marketer dituntut harus bisa menyesuaikan lingkungan. Pendekatan PR sangat mendukung program marketing karena pendekatan PR mendorong pemasaran dengan biaya yang murah dan efektif sedangkan pendekatan marketing menggunakan iklan untuk meningkatkan penjualan yang menghabiskan biaya besar sehingga tidak efektif.

Marketing Public Relation (MPR) merupakan perpaduan pelaksanaan program dan aktivitas pemasaran (marketing strategy implementation) dengan aktivitas program kerja public relation (work program of public relation), maksudnya adalah suatu perusahaan menjual produk dengan mendekatkan diri kepada konsumen atau masyarakat bukan iklan berupa baliho, papan iklan bahkan iklan di TV sehingga citra suatu perusahaan dapat dikenal oleh banyak orang dan kemudian banyak yang membeli produk tersebut. Di dalam MPR terdapat dua peran yaitu segi pemasaran dan segi komunikasi. MPR dapat dilakukan dengan beberapa bentuk yaitu publikasi, sponsorship, berita, kegiatan layanan publik dan berpidato.

1. Terdapat 3 Strategi Marketing Public Relations

a. Pull Strategy, Public Relation memiliki dan harus mengembangkan kekuatan untuk menarik perhatian publik.
b. Push Strategy, Public Relation memiliki kekuatan untuk mendorong berhasilnya pemasaran.
c. Pass Strategy, Public Relation memiliki kekuatan untuk mempengaruhi dan menciptakan opini publik yang menguntungkan.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun