Faktor-faktor kontekstual tersebut yaitu ukuran, stabilitas lingkungan, motivasi laba, dan faktor proses.
Penjelasannya sbb. :
a. Ukuran
Ukuran adalah peluang dan bisa dianggap sebagai kendala. Ukuran merupakan kesempatan ketika melayani sebagai pemberian manfaat ekonomi, bukan sebagai strategi kontrol. Jika pertumbuhan ekonomi menghilangkan strategi manajemen, kisaran tersebut bisa menjadi penghalang. Ketika ukuran menjadi penting saat menentukan konteks, ukuran juga dikaitkan dengan banyaknya variabel lain. Kondisi ini mencegah skala dari memisahkan dirinya menjadi satu variabel. Merupakan hal yang mustahil untuk melakukan pemisahan semua elemen seperti ukuran.
b. Stabilitas lingkungan
Desain pengendalian dalam lingkungan yang stabil mungkin berbeda dari desain pengendalian dalam lingkungan yang terus berubah. Stabilitas di lingkungan eksternal dapat dinilai oleh kekuatan produksi eksternal dari produk yang membutuhkan reaksi. Dengan memilih alat yang tepat untuk perubahan lingkungan, stabilitas lingkungan dapat ditingkatkan. Lingkungan eksternal yang stabil dibayangkan dalam banyak diskusi tentang sistem biaya standar dan dalam menganalisis hubungannya dengan fluktuasi biaya. Asumsi ini menciptakan fakta lain antara proses sementara dan lingkungan bisnis yang membutuhkan perubahan konstan.
c. Motivasi ekonomi/Laba/keuangan
Tidak ada keraguan bahwa kehadiran pendorong ekonomi bukan halangan untuk penggunaan langkah-langkah akuntansi produktivitas. Di sisi lain, jelas bahwa sistem dan langkah-langkah pengendalian berbasis laba seringkali tidak dapat diterjemahkan secara langsung ke dalam konteks nirlaba (nirlaba). Mengukur pendapatan itu penting dan sulit, tetapi itu bisa menjadi ukuran keberhasilan.
d. Faktor proses
Faktor kunci dalam proses manajemen biaya dan rekayasa yang tidak dapat dihindari adalah biaya variabel. Strategi pengendalian biaya dari proses strategi biaya variabel seringkali sangat berbeda dari strategi pengendalian biaya yang dimodifikasi, seperti menerapkan biaya tetap. Tujuan manajer keuangan adalah untuk membuat rencana untuk memperoleh dan menggunakan dana untuk mengoptimalkan nilai organisasi