merupakansosokyangmempunyaiperanpentingdidalammembangundanmencerdaskangenerasipenerusbangsaini. Ada banyakhal yang perludiperhatikandidalampencapaiansuatutujuantersebut,diantaranyaadalahtentangbagaimanasosokdarigurutersebut, terutamadalamhalketerampilan yang iagunakandalammetodedan media saatmelakukanpembelajaran di kelas. Bukanhanyadarihaltersebut,kitajugabiasmelihatbagaimanapencapaiandari guru tersebutdalamhalkarakterisik guru ideal propesionaldarisosok guru tersebut. Jikamelihatpermasalahansaatini, banyakpermasalahan yangbiasmenjadipenghambatuntukbiasmencapaitujuantersebutnamunjugaadafactorpendoronghaltersebut.
Berbicaratentangguru sosiologisaatini, tentuakanmenjadihalmenarikuntuk
diperbincangkan. Terutamatentangbagaimanametodedan media pembelajaran
yangtelah digunakan olehguru sosiologisaatini.Beberapahari yang lalusaya
pernahmewawancaraisalahseorangguru sosiologitentangmetodedan media
pembelajaran yang iagunakanketikamengajardikelas. Guru tersebutmemaparkan
bahwametode yang iagunakandalammengajarbanyakmenggunakanmetodediskusi
dankadang-kadangceramahdenganmengkaitkanisinyadenganbagaimanakeadaan
masyarakatsaatini, iajugaselalumenggunakan media pembelajaran yang telah
diberikanolehpemerintahketikamengajar. Iamenggunakan media pembelajaran
sepertiLCD yangselaluiagunakanuntukmenampilkanbeberapagambardanisi
materi yang iaakanajarkanlewat power point,karenabiasanyacaratersebutbisa
menarikperhatiansiswalebihbanyakdaripadahanyadenganmenulisdipapantulis.
Terkadang gurutersebutmengajaksiswanyamelakukansuatupenelitiantentangkeadaansuatumasyarakattertentu, namunsayangnya programinikadangkadangdiizinkanolehkepalasekolah, inidikarenakanolehhaltertentusehinggasiswaterkadanghanyamendapatilmu-ilmudasarnyasajatentangpenelitian, sehinggapengajarandarimateripenelitian yang diberikanoleh guru menjaditidak optimal.