Pendidikan terus mengalami transformasi seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi digital di era globalisasi. Integrasi teknologi ke dalam dunia pendidikan tidak hanya menjadi tren, tetapi juga kebutuhan yang mendesak dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Teknologi menawarkan berbagai inovasi yang dapat memperkaya pengalaman belajar siswa, termasuk dalam bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Mata pelajaran IPS yang mengkaji fenomena sosial, budaya, ekonomi, dan politik menuntut adanya interaksi yang dinamis antara siswa dan materi pembelajaran agar konsep-konsep yang diajarkan dapat dipahami secara mendalam dan aplikatif.
Salah satu tantangan utama dalam pembelajaran IPS adalah rendahnya tingkat keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran yang cenderung bersifat satu arah dan menggunakan metode tradisional sering kali membuat siswa pasif dan kurang tertarik terhadap materi yang disampaikan. Dalam konteks inilah teknologi berperan penting. Penggunaan aplikasi dan platform digital seperti Google Classroom, Kahoot!, dan Padlet memberikan kesempatan bagi siswa untuk lebih aktif terlibat dalam proses belajar. Teknologi juga memungkinkan terjadinya interaksi yang lebih intensif dan kolaboratif, baik antara siswa dengan guru maupun sesama siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana penggunaan teknologi dalam bentuk aplikasi dan platform digital dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPS. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini akan memfokuskan pada pengaruh integrasi teknologi terhadap dinamika kelas dan bagaimana teknologi dapat membantu guru menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif, partisipatif, dan relevan bagi siswa.
Selain itu, penelitian ini juga akan melihat tantangan yang dihadapi guru dalam mengadopsi teknologi dalam pengajaran dan bagaimana kendala tersebut dapat diatasi. Dengan demikian, hasil penelitian diharapkan dapat memberikan panduan praktis bagi para pendidik dalam mengimplementasikan teknologi secara efektif dalam pembelajaran IPS di sekolah menengah.