Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan Pilihan

Penerapan Budaya Positif di Sekolah

30 Agustus 2022   21:49 Diperbarui: 30 Agustus 2022   21:55 1055 6

Penerapan Budaya Positif di Sekolah

Budaya Positif adalah nilai-nilai atau keyakinan -keyakinan , dan kebiasaan -kebiasaan di sekolah yang berpihak pada murid agar murid dapat berkembang menjadi pribadi yang kritis, penuh hormat dan bertanggungjawab. 

Adanya budaya positif di sekolah akan melatih murid menjadi disiplin, sehingga pembelajaran terasa aman, nyaman, dan kondusif. Untuk penerapan budaya positif di sekolah, dibutuhkan kolaborasi semua warga sekolah agar bisa menyamakan persepsi dan tujuan yang hendak dicapai.

Budaya positif bisa tercapai melalui hal-hal sebagai berikut:

1. Pembentukkan Keyakinan Kelas.

Keyakinan kelas adalah : sesuatu yang dapat diterapkan di lingkungan kelas tersebut. Dalam membuat keyakinan kelas hendaklah melibatkan semua warga kelas melalui kegiatan curah pendapat dan kesepakatan bersama. Keyakinan kelas ditinjau kembali dari waktu ke waktu disesuaikan dengan kebutuhan kelas.

2. Disiplin Positif.

Disiplin positif adalah : cara penerapan disiplin tanpa kekerasan dan ancaman yang dalam praktiknya melibatkan komunikasi tentang perilaku yang efektif antara guru dan murid. 

Tujuan dari disiplin positif adalah untuk menumbuhkan kesadaran murid akan pentingnya menghargai diri sendiri dan nilai-nilai kebajikan yang ada. Dengan adanya disiplin positif diharapkan terbentuk Profil Pelajar Pancasila sesuai yang dicita-citakan.

3. Memahami 3 Motivasi Manusia

Dalam melakukan suatu nilai-nilai kebajikan, dorongan atau motivasi dari dalam ( intrinsik ) yang kuat pengaruhnya.

Ada kalanya kita melakukan sesuatu karena menginginkan imbalan atau pujian, menghindari hukuman dan rasa tidak nyaman. Motivasi manusia yang terbaik adalah :untuk menjadi orang yang mereka inginkan dan menghargai diri sendiri dengan nilai-nilai yang mereka percaya. Motivasi inilah yang sangat kuat karena dilakukan dengan kesadaran diri tanpa adanya suatu paksaan apapun.

4. Memahami 5 Kebutuhan Dasar Manusia

Sebagai seorang pendidik, kita hendaklah mengetahui dengan baik segala kebutuhan anak didik kita. Peran kita sebagai guru harus jeli melihat karakteristik anak didik kita yang berbeda-beda. 

Kebutuhan mereka harus kita fasilitasi dengan baik. Jika mereka merasa diperhatikan dan dicukupi kebutuhannya, maka mereka akan merasa nyaman dan bahagia dalam belajar. Adapun 5 Kebutuhan Dasar Manusia itu adalah :

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun