Sangat penting untuk diperhatikan oleh Guru bahwa materi Ice Breaker adalah kunci bagi Guru untuk menarik perhatian siswa. Dalam hal ini, untuk menarik perhatian siswa sehingga mereka siap mengikuti pelajaran, Guru dapat menggunakan beberapa cara sebagai berikut :
1.Variasi gaya mengajar, berbagai gerak atau posisi Guru, kontak pandang atau suara dan intonasi Guru, seperti irama tinggi rendah, panjang pendek, keras lembut, penggunaan jeda yang tepat ketika mempraktekkan Ice Breaker, merupakan proses variasi yang sangat berguna bagi usaha Guru dalam menarik perhatian siswa.
2.Variasi penggunaan media, penggunaan media untuk Ice Breaker secara variatif dengan beragam bentuk mulai dari gambar, grafik, suara yang direkam, hingga alat peraga fisik dapat menjadikan siswa lebih tertarik dan terfokus pada pengajaran Guru.
3.Variasi pada interaksi, dengan pola interaksi yang beragam seperti dengan memberi kuis, hadiah (reward) ataupun ikut bermain dan duduk bersama dengan siswa merupakan daya lekat yang dapat mendorong persepsi siswa dengan Guru. Guru yang sering mendengarkan cerita dan menerima aduan siswa, maka akan lebih mudah ketika akan menarik perhatian siswa. Agar interaksi ini bisa terwujud, diperlukan kemampuan atau skill menggunakan aplikasi / teknik Ice Breaker pada saat mengajar di kelas, karena dengan Ice Breaker mengajar lebih menyenangkan, Guru Okey, Muridpun Enjoy.
Salam,
Kusumo, Trainer Nasional / Penulis Buku "ICE BREAKER PENYEMANGAT BELAJAR"
HP.085230129264