Mohon tunggu...
KOMENTAR
Money

Jangkauan Fanspage Facebook Menurun, Apa Penyebabnya?

27 Mei 2014   23:42 Diperbarui: 23 Juni 2015   22:03 2872 0
Seperti yang kita ketahui fitur facebook yang sangat  bermanfaat untuk bisnis adalah fitur fanspage facebook. Fanspage facebook dibuat sebagai alasan bisnis, ada juga untuk hobi, dan bersenang-senang. Maka para Manager dan para Content Creator fanspage berlomba-lomba mempromosikan fanspage facebook secara gencar agar jumlah penggemar semakin bertambah dan postingan terjangkau untuk banyak orang.

Mungkin bila anda membaca artikel ini dan anda seorang admin fanspage mengeluh karena jumlah Like, Comment dan Share menurun drastis bertanya-tanya, ada apa ya? Nasib kita sama! Saya adalah manajer fanspage facebook yang berfokus pada tim sepakbola yang kebetulan saya sukai yaitu FC Barcelona dan sampai saat ini fanspage saya berhasil menjadi yang terbesar di Indonesia dengan jumlah 200 ribu penggemar lebih. Satu postingan hampir 200-1000 akun facebook yang like bahkan ada yang sampai 9000 lebih itu adalah suatu prestasi untuk fanspage yang berdiri tanpa iklan berbayar facebook.

Tapi sekarang ini fanspage facebook jumlah jangkauan menurun drastis apa penyebabnya?

Penyebabnya adalah postingan yang anda kirim tidak semua masuk ke beranda penggemar fanspage anda dan semua disebabkan oleh aturan facebook yang baru. Entah karena facebook sekarang mengandalkan iklan berbayar tapi sayangnya semua fanspage menjadi korban.

Facebook menerapkan Edge Rank!
Terdapat 3 bagian utama, yaitu: Affinity, Weight, dan Time Decay dengan penjelasan singkat masing-masingnya seperti ini:

Affinity adalah kualitas hubungan antara content creator dan users. Artinya jumlah interaksi antara users dan Page di masa lalu berpengaruh terhadap dimunculkan atau tidaknya postingan kamu di News Feeds users. Jadi, jika di masa lalu user A pernah nge-klik, nge-like, atau kasih comment di postingan kita, EdgeRank menilai si user A akan merasa tertarik untuk menerima postingan kita lagi dan menempatkan postingan kita sebagai prioritas untuk dimunculkan di News Feed si user A.
Weight adalah bobot yang diberikan dari setiap interaksi yang didasarkan pada jenis postingan. Facebook menerapkan hirarki postingan berdasarkan jenisnya. Jenis foto dan video adalah prioritas pertama, links kedua, dan teks adalah yang paling bawah. Interaksi dari users yang lainnya dapat berpengaruh juga. Misalnya, comments dinilai lebih berbobot dibanding likes, tapi keduanya berpengaruh terhadap bobot penilaian secara keseluruhan. Jadi, status yang hanya terdiri dari teks saja dengan 70 likes dan 15 comments akan cenderung muncul di Newsfeed daripada jenis postingan foto dengan engagement nol besar.
Time Decay diartikan sebagai seberapa 'tua' postingan kita. Semakin 'tua' postingan kita, semakin kecil peluangnya untuk ditampilkan di Newsfeed users. Tapi tidak bersifat kaku gitu saja. Untuk users yang hanya login ke Facebook sekali atau dua kali seminggu, postingan kamu akan relevan untuk lebih lama daripada users yang login dua kali sehari.
4 Hal yang diperiksa EdgeRank Dari Setiap Postingan



  1. Jejak sejarah interaksi users dengan author: Semakin user engage dengan teman/page, postingan tersebut semakin berpeluang untuk tampil di Newsfeed.
  2. Jejak sejarah interaksi users dengan tipe postingan: Kalau user seringkali engage dengan tipe postingan tertentu, tipe postingan tersebut berpeluang sering untuk tampil di Newsfeed user.
  3. Reaksi dari users lainnya untuk postingan tersebut: Semakin banyak users yang engage terhadap postingan tertentu, maka postingan tersebut semakin berpeluang untuk tampil di Newsfeed.
  4. Jumlah komplain atau respon negatif pada postingan tersebut: Semakin banyak respon negatif terhadap postingan tersebut, semakin kecil peluangnya untuk tampil di Newsfeed.
KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun