Minat baca sendiri dapat tumbuh dikarena 2 faktor utama, ialah faktor internal dan eksternal. Faktor internal merupakan dorongan dari dalam diri, yang bisa berupa adanya kebutuhan seseorang untuk membaca, kemudian memiliki aspirasi diri ataupun cita cita yang mengharuskannya untuk membaca. Faktor eksternal bisa berupa adanya hukuman ataupun tuntutan dari orang lain sehingga memaksa mereka untuk membaca.
Permasalahan dasar mengapa pendidikan Indonesia belom berkembang dengan signifikan ialah minat baca anak cenderung rendah. Bisa dilihat dari survey yang dilakukan di 61 negara dunia, Indonesia menempati peringkat ke 60 dari 61 negara. Sangat miris sekali karena ketika seseorang gemar membaca akan meingkatkan daya pemikiran mereka dan juga melatih untuk berpikir kritis.
Berdasarkan dengan permasalahan itu, kami selaku mahasiswa Universitas Airlangga program studi D3 Perpustakaan melakukan upaya peningkatan minat baca anak di sekitar kampus dengan melakukan kegiatan datang ke sebuah taman bacaan masyarakat. Kegiatan ini juga sebagai bentuk kami melakukan Tri Dharma perguruan tinggi, ialah pengabdian masyarakat sebagai pengimplementasian pendidikan kami di perguruan tinggi, dan juga turut serta membantu pemerintah dalam meningkatkan taraf pendidikan.