Mohon tunggu...
KOMENTAR
Foodie

Filosofi Kopi dalam Dunia Bisnis

16 November 2020   19:28 Diperbarui: 16 November 2020   20:00 129 1
Jika tunas kelapa dengan segala makna simboliknya dijadikan simbol oleh gerakan Pramuka, maka PKI (Penggiat Kopi Indonesia) dalam kesepakatan tidak tertulisnya mengangkat kopi dan segenap philosofinya sebagai pegangan menjalani hidup.

Bahwa tidak ada kesempurnaan mutlak dalam dunia kopi, selain DIA yang menghadirkan kopi di muka bumi. Elevasi dan ekologi semata tidak menjamin kualitas biji kopi. Demikian juga rantai proses yang lain tidak bisa menjadi jaminan tanpa sinergitas dari keseluruhan process chain.

Lebih ekstrim lagi jika kita tiba pada pemahaman bahwa pada dasarnya tidak ada kopi yang enak, yang ada adalah kopi yang tepat di lidah yang tepat pula. Pemahaman pada tingkat inilah yang menyebabkan geliat dunia per-kopi-an senantiasa dinamis seiring perkembangan manusia.

Apakah dalam dunia kopi ada persaingan?. Jawabannya tidak. Persaingan hanya diciptakan untuk menggambarkan interaksi  antar pelaku kopi saat tegang. 

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun