Pada era pendidikan
modern, tugas mandiri sudah menjadi komponen penting dalam pengembangan peserta didik. Tugas mandiri memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengasah kemampuan belajar mereka, menanamkan pengetahuan yang telah dipelajari, serta mengembangkan kemandirian. Hal ini berlaku dalam konteks mata pelajaran Al-qur’an hadis, dimana pemahaman agama islam dan praktiknya memegang peran yang sangat penting. Tugas mandiri dalam mata pelajaran Al-qur’an hadis memiliki beragam jenis seperti penulisan esai, membaca buku agama, proyek seni islami, penelitian ringan tentang ajaran agama dan tugas lain yang memerlukan pemecahan masalah atau pengembangan keterampilan tertentu oleh individu yang mengerjakannya. Tujuan diberikannya tugas mandiri dalam mata pelajaran Al-qur’an hadis juga serupa dengan tujuan umum pendidikan, yaitu bukan hanya untuk menguji pemahaman peserta didik tentang materi agama, tetapi juga untuk memastikan bahwa peserta didik tidak hanya memahami konsep-konsep agama, tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
KEMBALI KE ARTIKEL