Artikel utama memang merupakan apresiasi dari Kompasiana terhadap artikel yang menurut kriteria Kompasiana patut menyandang gelar sebagai artikel utama.
Artikel utama juga bisa menjadi feeder dan trigger trafik ke artikel kita yang akan berdampak pada unique views yang dijadikan dasar sebagai perhitungan K-rewards setiap periode satu bulannya -- yang pada akhirnya akan menambah saldo gopay kita bila UV kita banyak.
Ini adalah pencapaian kita sebagai penulis dan sesuai namanya, K-rewards adalah sebagai apreasi dari Kompasianer atas kinerja kita sebagai anggota keluarga besar Kompasiana.
Selain artikel utama dan K-rewards, apalagi yang bisa kita raih selama menjadi warga Kompasiana ?
Sebenarnya ada hal lain selain dari cuan yang dapat kita raih di Kompasiana sebagai penulis yaitu personal branding di jagad maya -- tidak hanya di Kompasiana.
Ada suatu waktu penulis mendarat di halaman utama salah satu mesin pencari (MSN) dan menemukan artikel dari pak Irwan Rinaldi (/iwanrinaldi) dengan judul "Ada Rencana ke Jerman? Baca Dulu Insight Germany". Judul artikel pak Irwan ini tampil di feed news di halaman utama mesin pencari tersebut sudah tentu ini indikasi dari berbobotnya artikel pak Irwan sehingga dipilih sebagai salah satu artikel pilihan yang terpampang di etalase mesin pencari tersebut.
Sudah tentu tampilnya artikel tersebut menjadi feeder trafik yang efektif dengan mengingat pengunjung dari mesin pencari M ini, namun sebenarnya ini juga bisa dikatakan bahwa artikel kita membangun brand kita sebagai penulis.