Selain mempunyai cita rasa gurih, kerupuk yang cocok disantap dengan beragam jenis kuliner atau hanya sebagai camilan ringan menjadi kudapan favorit masyarakat Indonesia. Bahkan, sejarah menyebutkan bahwa kerupuk sudah menjadi makanan pendamping sebelum abad ke-10 Masehi. Dengan demikian, banyak UMKM kerupuk bermunculan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, salah satunya adalah Pabrik IDOLA yang terletak di Desa Sukoraharjo, Kec. Kepanjen, Kab. Malang. Pabrik IDOLA telah berdiri sejak tahun 1992 di Lumajang dan mulai beroperasi di Malang pada tahun 2007. Berbekal pengalaman dan pengetahuan selama puluhan tahun, pabrik ini mampu memenuhi aspek-aspek penting terkait pemasaran UMKM. Hal ini dapat diketahui pada saat Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Desa Sukoraharjo dari Universitas Negeri Malang berbincang santai terkait beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemasaran UMKM, seperti: ciri khas produk, analisis pasar, penentuan lokasi, promosi, analisis pesaing, dan
quality control.
KEMBALI KE ARTIKEL