Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaboratif Kelompok 023 Desa Bagon melakukan kegiatan survei Usaha Masyarakat Kecil dan Menengah (UMKM) selama seminggu pertama KKN. Survei ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan program kerja kami. Pada kegiatan survei ini, Mahasiswa KKN melakukan pemetaan  UMKM yang ada di 3 dusun, yakni Dusun Kedung Sumur, Dusun Suling, dan Dusun Krajan. UMKM yang pertama yaitu UMKM Tas Rajut yang berlokasi di Dusun Kedung Sumur. UMKM yang kedua adalah UMKM Produksi Tasbih yang berlokasi di Dusun Suling. UMKM yang terakhir ialah UMKM Tas Anyam yang berlokasi di Dusun Krajan Desa Bagon. Berdasarkan hasil survei, kami menemukan kendala, yaitu
kurangnya penerapan Digital Marketing pada UMKM sebagai sarana pemasaran dalam menghadapi era digital saat ini.Â
Digital Marketing sendiri dapat didefinisikan sebagai kegiatan pemasaran atau promosi suatu produk yang dilakukan melalui media digital. Adapun jenis - jenis Digital Marketing, seperti
Website, Search Engine Marketing (SEM),
Social Media Marketing, Online Advertising, Email Marketing, Video Marketing. Dari berbagai jenis Digital Marketing, kami mengimplementasikan salah satu jenis Digital Marketing yaitu
Social Media Marketing dalam membangun, meningkatkan, dan mengoptimalkan citra merek dan eksposur pada pasar.Â
KEMBALI KE ARTIKEL