Selain itu, mengenalkan lagu daerah dalam kurikulum pelajaran kesenian juga memiliki manfaat yang tak terhingga. Tak hanya sebagai sarana untuk menggali potensi musikalitas anak-anak, namun juga sebagai wahana untuk membangun kesadaran akan pentingnya pelestarian budaya. Melalui lagu-lagu daerah, generasi muda dapat mengenal dan merasakan keunikan setiap daerah di Indonesia, mulai dari alat musik tradisional hingga gerakan tarian yang khas. Dengan demikian, mereka akan memiliki rasa bangga dan cinta terhadap warisan budaya nenek moyang mereka.
Meskipun demikian, mengintegrasikan lagu daerah dalam kurikulum pelajaran kesenian bukanlah perkara yang mudah. Diperlukan upaya kolaboratif antara pemerintah, sekolah, serta masyarakat untuk mewujudkan hal ini. Pemerintah dapat memberikan dukungan dalam bentuk penyediaan materi pembelajaran dan fasilitas yang memadai. Di samping itu, pelibatan komunitas seni dan budaya setempat juga menjadi kunci keberhasilan. Mereka dapat berperan dalam memberikan pengajaran yang autentik dan mempertahankan integritas dari lagu-lagu daerah yang diajarkan.