Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Alam & Tekno

Mahasiswa UNDIP Melakukan Sosialisasi Pentingnya Efektivitas Dalam Penggunaan Sosial Media

12 Agustus 2022   18:05 Diperbarui: 12 Agustus 2022   18:06 274 1
Kelurahan Mangunsari, Kota Semarang (31/07/2022) - UMKM merupakan salah satu bagian penting dalam perekonomian Indonesia. UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Pada dasarnya, UMKM adalah usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil, maupun rumah tangga. Keberadaan UMKM di Indonesia sangat diperhitungkan, karena berkontribusi besar pertumbuhan ekonomi. UMKM menjadi salah satu Sarana untuk menyejahterakan masyarakat karena UMKM akan memberikan keuntungan finansial bagi pemiliknya juga memberikan pengaruh finansial positif bagi lingkungannya. Kegiatan UMKM juga dapat dijadikan sebagai upaya pemerataan ekonomi rakyat karena UMKM dapat berdiri di semua daerah dan fleksibel mengikuti kebiasaan ekonomi masyarakat sekitarnya. Kemudian UMKM juga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia yakni dengan mendapatkan penyuluhan, SDM yang terlibat dalam UMKM akan secara empiris mendapatkan pengetahuan mengenai wirausaha. Hal ini menjadi solusi bagi masyarakat yang berpendidikan formal rendah.

Dengan latar belakang dan manfaat berdirinya UMKM itulah perlu dilakukannya Sosialisasi kepada warga sekitar yang memiliki usaha UMKM mengenai digitalisasi pada pemasarannya di zaman yang telah maju ini. Pemasaran menjadi salah satu faktor terpenting dalam menentukan perkembangan sebuah usaha. Tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis membutuhkan marketing demi menjangkau pasar dan meningkatkan konversi yang diinginkan. Maka dari itu, cara marketing yang saat ini perlu diterapkan harus pula disesuaikan dengan trend dan kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat. Trend ini berhubungan dengan sosial media, karena tidak sedikit pelaku usaha mulai mengenalkan bisnisnya melalui sosial media. Dengan menggunakan sosial media maka diharapkannya produk yang dijual dapat mencapai ke target pasar yang tepat.

Oleh karena itu Kirania Putri Basti, Mahasiswa KKN TIM II 2021/2022 Universitas Diponegoro, Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik melalakukan sosialisasi memperkenalkan pemasaran berbasis digital untuk mendigitalisasi UMKM yang ada di RW 01 Kelurahan Mangunsari, kecamatan Gunungpati, Kota Semarang pada hari Minggu (31/07/2022), dengan memberikan sosialisasi mengenai sosial media yang dapat digunakan sebagai pendukung pemasaran yang digital di Kelurahan Mangunsari khususnya kepada ibu-ibu RW 01. Sosialisasi ini dilakukan dengan bantuan media leaflet yang berisikan beberapa informasi mengenai topik yang dibawakan yaitu digital marketing.

leaflet UMKM


sosialisasi dengan ibu-ibu RW 01 Kelurahan Mangunsari

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun