Dengan latar belakang dan manfaat berdirinya UMKM itulah perlu dilakukannya Sosialisasi kepada warga sekitar yang memiliki usaha UMKM mengenai digitalisasi pada pemasarannya di zaman yang telah maju ini. Pemasaran menjadi salah satu faktor terpenting dalam menentukan perkembangan sebuah usaha. Tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis membutuhkan marketing demi menjangkau pasar dan meningkatkan konversi yang diinginkan. Maka dari itu, cara marketing yang saat ini perlu diterapkan harus pula disesuaikan dengan trend dan kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat. Trend ini berhubungan dengan sosial media, karena tidak sedikit pelaku usaha mulai mengenalkan bisnisnya melalui sosial media. Dengan menggunakan sosial media maka diharapkannya produk yang dijual dapat mencapai ke target pasar yang tepat.
Oleh karena itu Kirania Putri Basti, Mahasiswa KKN TIM II 2021/2022 Universitas Diponegoro, Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik melalakukan sosialisasi memperkenalkan pemasaran berbasis digital untuk mendigitalisasi UMKM yang ada di RW 01 Kelurahan Mangunsari, kecamatan Gunungpati, Kota Semarang pada hari Minggu (31/07/2022), dengan memberikan sosialisasi mengenai sosial media yang dapat digunakan sebagai pendukung pemasaran yang digital di Kelurahan Mangunsari khususnya kepada ibu-ibu RW 01. Sosialisasi ini dilakukan dengan bantuan media leaflet yang berisikan beberapa informasi mengenai topik yang dibawakan yaitu digital marketing.
leaflet UMKM
sosialisasi dengan ibu-ibu RW 01 Kelurahan Mangunsari