Di akhir tahun yang lalu, saat lomba yang diadakan oleh kompasiana saya memprediksikan bahwa di akhir tahun 2011 ini kompasiana akan berada di rank 50 atau nomor urut 50 dari sekian banyak situs yang ada di Indonesia. Â Namun mungkin saja prediksi tersebut salah karena pada hari ini kompasiana sudah berada di rank 58, dengan melihat padatnya
traffic ke kompasiana beberapa waktu terakhir, mungkin kompasiana akan berada di
rank 40-an di akhir 2011 nanti (kalau
engine kompasiana baik-baik saja). Peningkatan
rank dalam waktu yang cukup pendek ini salah satunya mungkin karena adanya
toolbar Alexa yang banyak dipasang oleh kompasianer. Sebab lain yang lebih mendekati kenyataan adalah bahwa
traffic ke kompasiana sedang bagus-bagusnya, seiring dengan hal itu beberapa situs saingan mengalami kemunduran sehingga tempatnya digantikan oleh kompasiana. Perhatikan grafik berikut ini. [caption id="attachment_105501" align="aligncenter" width="660" caption="Sumber:
http://www.alexa.com/siteinfo/kompasiana.com#"][/caption] Peningkatan
traffic rank kompasiana di antara tanggal 11 April - 18 April 2011 sangat tinggi. Di minggu ini saya mencatat
rank kompasiana berada di angka 74, walau sebelumnya berada di posisi 68. Dalam minggu ini juga admin mulai memperkenalkan
Alexa Toolbar yang dapat didownload oleh kompasianer ubtuk browser IE dan Mozilla. Perhatikan juga
Site Linking In, semula poin ini berada di angka 300-an, namun semenjak dipasang
toolbar (tidak otomatis saat
toolbar ada) angkanya naik lebih dari 100. Poin ini juga sangat berpengaruh kepada rank Alexa, biasanya situs dengan
Site Linking In tinggi,
rank Alexa-nya juga tinggi/bagus. Dalam menentukan
traffic rank, Alexa memperhatikan dua faktor penting, yaitu rata-rata jumlah kunjungan harian dan jumlah
page view. Situs dengan kombinasi jumlah kunjungan rata-rata tertinggi dan
page view juga tertinggi, pasti memiliki rank Alexa yang tertinggi, contohnya Facebook dan Google. Coba kita perhatikan
page view dan
page view per user kompasiana pada bulan April berikut ini. [caption id="attachment_105505" align="aligncenter" width="660" caption="Tingkat Page View kompasiana dalam bulan April, sumber:
http://www.alexa.com/siteinfo/kompasiana.com#"][/caption] [caption id="attachment_105506" align="aligncenter" width="660" caption="Page View per User Kompasiana pada bulan April,
sumber:http://www.alexa.com/siteinfo/kompasiana.com#"][/caption] Dari kedua grafik di atas dalam bulan April terdapat kenaikan
Page View sebesar 174,3% dan
Page View per User sebesar 156%. Tidak aneh
traffic rank Alexa kompasiana bisa melompat sedemikian jauh, dari sekitar 80-an di awal bulan April menjadi 58 pada tanggal 30 April 2011. Biasanya kenaikan
Page View per User juga akan diikuti dengan naiknya
Time on Site (waktu rata-rata
user berada di kompasiana) dan menurunnya tingkat
Bounce (
user yang hanya melihat satu kali di kompasiana). Coba kita lihat grafik berikut ini. [caption id="attachment_105511" align="aligncenter" width="660" caption="Time on Site Kompasiana selama bulan April,
sumber:http://www.alexa.com/siteinfo/kompasiana.com#"][/caption] [caption id="attachment_105512" align="aligncenter" width="660" caption="Tingkat Bounce Kompasiana, selama bulan April, sumber:
http://www.alexa.com/siteinfo/kompasiana.com#"][/caption] Dari kedua grafik di atas terlihat dalam bulan April 2011,
Time on Site Kompasiana, naik sebesar 142%, sedangkan
Bounce turun cukup besar, yaitu 27%. Tampaknya
user kompasiana sudah mulai bisa berlama-lama di kompasiana hal ini mungkin terkait dengan beberapa kegiatan di kompasiana dan pertambahan
user baru yang cukup signifikan. Faktor lain yang turut meningkatkan
time on site adalah konten yang berkualitas sehingga
user rela menghabiskan waktunya, rela berlama-lama di kompasiana karena memperoleh banyak hal yang baik dari konten di kompasiana. Namun demikian, tingkat
Bounce Kompasiana sebenarnya masih tinggi, yaitu 45% sehingga perlu upaya yang lebih kuat untuk menurunkannya (dengan demikian menaikkan
time on site). Bila faktor-faktor di atas memperlihatkan kenaikan, tidak demikian dengan faktor
search. Inilah satu-satunya dalam perhitungan Alexa yang mengalami penurunan. Artinya
traffic yang berasal dari mesin pencari dan mengarah ke kompasiana mengalami penurunan yang cukup besar, bahkan semenjak awal tahun 2011. Coba perhatikan grafik berikut ini. [caption id="attachment_105517" align="aligncenter" width="691" caption="Traffic dari mesin pencari menuju kompasiana mengalami penurunan,
sumber:http://www.alexa.com/siteinfo/kompasiana.com# "][/caption] Apa artinya? Saya hanya mengira-ngira bahwa sebagian besar
traffic kompasiana berasal dari
user-nya sendiri. Artinya
user kompasianalah yang sangat berperan terhadap
traffic kompasiana, bukan orang lain yang memperoleh kompasiana melalui mesin pencari. Hal ini senada dengan yang diperlihatkan oleh
semrush.com bahwa
traffic kompasiana dari mesin pencari  di bulan April hanya ada 78, jumlah yang sangat sedikit. Artinya lagi, kompasiana sangat bergantung kepada keaktifan
user-nya, kalau
user-nya malas karena berbagai alasan,
traffic kompasiana dipastikan turun drastis. Hal ini juga menunjukkan kompasiana kurang bersahabat dengan mesin pencari. Hal ini mungkin disebabkan beberapa alasan, pertama situs kompasiana
loading-nya lama sehingga kalah dibandingkan situs lain sehingga dipinalti oleh mesin pencari. Kedua kata kunci yang mengarah ke kompasiana terlalu melebar sehingga sulit untuk bersaing dengan situs lain. Ketiga, banyak konten kompasiana yang hilang dari kompasiana karena dihapus, baik oleh
user maupun oleh admin. Tentu sangat disayangkan kompasiana tidak memperoleh
traffic yang tinggi dari mesin pencari. Bagaimanapun mesin pencari adalah pintu penting untuk mendatangkan
traffic. Kepedulian terhadap mesin pencari sangat penting agar kompasiana makin dikenal banyak kalangan. Oleh karena itu, kompasiana perlu menerapkan SEO (
Search Engine Optimization) yang lebih baik. Kembali ke
rank kompasiana versi Alexa, perlu dipahami ukuran yang dipakai oleh Alexa untuk menentukan rank suatu situs mungkin terlalu sederhana, yaitu hanya faktor rata-rata kunjungan harian dan
page view yang bisa saja berasal hanya dari
user setia kompasiana, sedangkan faktor lain seperti bagaimana kompasiana di mesin pencari tidak begitu penting. Hal ini membuat
rank Alexa masih bisa diperdebatkan. Namun karena kompasiana mengukur kemajuan situsnya dengan Alexa, pencapaian ini tentu patut diapresiasi. Demikian juga, karena sebagian besar
traffic kompasiana berasal dari
user kompasiana sendiri, sangat penting bagi pengelola membuat kompasiana makin nyaman bagi
user-nya. Paling tidak 95% dari 100% user kompasiana harus merasakan kenyamanan agar mereka bisa terus membolak-balik halaman kompasiana dan terus berada di kompasiana sepanjang waktu.
KEMBALI KE ARTIKEL