Pendidikan pada abad ke-21 berkaitan dengan permasalahan permasalahan baru yang ada di dunia nyata ini. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) berhubungan dengan penggunaan inteligensi dari dalam diri seorang individu yang berada dalam sebuah kelompok atau lingkungan untuk dapat memecahkan suatu masalah yang bermakna, relevan, dan juga kontekstual. Hasil pendidikan yang diharapkan yaitu pola kompetensi dan juga inteligensi yang dibutuhkan untuk dapat berkiprah pada abad ke-21ini. Pendidikan bukan hanya sekedar menyiapkan masa depan, tetapi bagaimana kita dapat menciptakan masa depan itu sendiri. Dari hasil-hasil penelitian terdahulu yang telah menunjukkan jika suatu kemampuan dalam pemecahan masalah oleh siswa belum sesuai dengan yang apa yang telah diharapkan. Salah satu metode atau model pembelajaran yang diciptakan agar dapat meningkatkan kemampuan dalam pemecahan masalah adalah dengan adanya model pembelajaran berbasis masalah. Berdasarkan dari hasil analisis yang dilakukan dapat diperoleh kesimpulan bahwa, peningkatan dalam kemampuan pemecahan masalah oleh siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada yang mendapatkan pembelajaran secara konvensional dan juga kesalahan kesalahan yang dilakukan oleh siswa saat mengerjakan soal soal yang berhubungan dengan kemampuan pemecahan masalah contohnya seperti kesalahan karena terjadi kecerobohan atau kurang cermat, kesalahan dalam mentransformasikan suatu informasi, kesalahan dalam keterampilan proses, dan kesalahan dalam memahami soal. Melihat perkembangan zaman yang semakin pesat dengan didukung oleh kemajuan teknologi mau tidak mau kita harus memberikan stimulus pada kancah pendidikan kita agar kita bisa beradaptasi sesuai dengan tuntutan pada zaman ini. Selain itu, juga dapat menumbuhkan kesempatan belajar bagi peserta didik (grown learning). Model pembelajaran merupakan salah satu metodologi yang diciptakan oleh dunia pendidikan dalam rangka menuju tercapainya perubahan. Pada pelaksanaannya, tentu akan melibatkan pembelajar atau guru dan peserta didik atau siswa. Seorang guru adalah seseorang yang akan menjalankannya dengan menggunakan metodologi untuk membelajarkan peserta didik dengan cara yang tidak konstan, maknanya jika seorang guru harus bisa berinovasi dan juga harud bisa menciptakan suatu perubahan yang baik pada dirinya dan juga pada siswa atau peserta didiknya. Berbagai cara telah dilakukan dalam dunia pendidikan, seperti contoh kecilnya adalah terciptanya berbagai model pembelajaran yang dirancang atau diciptakan dengan melihat situasi dan juga kondisi dari perkembangan peserta didik dari waktu ke waktu, dari masa ke masa. Salah satu contoh dari model pembelajaran yang ditemukan adalah Model Pembelajaran Berbasis Masalah atau Problem Based Learning ini.
KEMBALI KE ARTIKEL