Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Upaya Mencapai Target Kesetaraan Pendidikan pada Keberagaman Peserta Didik

3 Januari 2025   15:15 Diperbarui: 3 Januari 2025   14:59 14 0
Pendidikan merupakan salah satu faktor yang memberi efek dalam mengembangkan negara yang memiliki predikat maju. Melalui pendidikan, sumber daya manusia akan dibentuk sebagai suatu individu yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan berkiprah dalam lingkup global. Adapun dalam sistemnya, pendidikan diatur dalam suatu kurikulum yang direpresentasikan dari pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Berdasarkan pemikiran Ki Hadjar Dewantara, setiap individu itu unik, melalui pendidikan, peserta didik mendapatkan tuntunan  untuk menjadi manusia seutuhnya sehingga mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaannya yang sesuai keunikannya. Kurikulum berubah seiring perubahan zaman, hal ini karena pendidikan harus dapat mengikuti zaman agar sumber daya manusia yang dibentuk tidak tertinggal oleh kebutuhan zaman. Kurikulum yang diterapkan saat ini merupakan kurikulum merdeka dengan menerapkan pembelajaran yang setara, pembelajaran ini disebut sebagai pembelajaran Berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan implementasi dalam hal memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan peserta didik yang beragam. Menurut Tomlinson, 2000 (dalam Rachmadhani & Kamalia, 2023), kebutuhan belajar memuat kesiapan, minat, dan profil belajar. Oleh karena itu, dalam mewujudkan pembelajaran yang memenuhi keberagaman peserta didik, diperlukan pembentukan kurikulum yang mampu menyetarakan hak belajar mereka.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun