Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V di SD Muhammadiyah Danunegaran

23 September 2024   21:40 Diperbarui: 23 September 2024   21:43 50 0
Sebagai pendidik, salah satu tugas penting kita adalah menciptakan lingkungan belajar yang relevan dan bermakna bagi peserta didik. Dalam rangkaian kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SD Muhammadiyah Danunegaran, saya berkesempatan menerapkan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V dengan sub bab "Persatuan dan Kesatuan di Lingkup Wilayah Kabupaten/Kota." Modul ajar yang disusun berfokus pada bagaimana peserta didik dapat memahami pentingnya persatuan dan kerja sama dalam masyarakat lokal peserta didik di Kota Yogyakarta. Pendekatan ini tidak hanya mengajarkan materi akademik, tetapi juga memanfaatkan budaya lokal yang dekat dengan kehidupan sehari-hari peserta didik, sehingga mereka dapat lebih mudah memahami dan mengaplikasikan konsep yang dipelajari.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun