Mohon tunggu...
Program
kkn
infinite
kilas balik
narativ
the series
ramadan
Terpopuler
Terbaru
Headline
Topik Pilihan
Komunitas
Event
Video
K-rewards
Game Changer
Cerita Pemilih
Analisis
Sosok
Fiksiana
Cerbung
Cerpen
Horor
Puisi
Roman
Halo Lokal
Bandung
Joglosemar
Makassar
Medan
Palembang
Surabaya
Humaniora
Bahasa
Filsafat
Pendidikan
Seni
Sosbud
Inovasi
Gadget
Nature
Otomotif
Lyfe
Beauty
Book
Diary
Film
Games
Healthy
Hobby
Home
Humor
Love
Music
Parenting
Worklife
Money
Entrepreneur
Financial
New World
Artificial intelligence
Cryptocurrency
Metaverse
NFT
Olahraga
Atletik
Balap
Bola
Raket
Ruang Kelas
Ilmu Alam & Tekno
Ilmu Sosbud
Travel Story
Foodie
Trip
Video
Vox Pop
Hukum
Kebijakan
Politik
KOMENTAR
Healthy
Membangun Kesetaraan Pelayanan Kesehatan: Peran Whistleblowing And Complaints dalam Menanggulangi Diskriminasi BPJS dan Non-BPJS
18 Desember 2024 17:05
Diperbarui: 18 Desember 2024 17:32
24
0
Pelayanan kesehatan yang berkualitas menjadi prioritas utama untuk mencapai kepuasan pasien sehingga setiap unit pelayanan kesehatan harus memberikan pelayanan yang sama kepada setiap pasien. Kualitas pelayanan kesehatan dapat dinilai dari beberapa aspek yaitu, penampilan fisik yang meyakinkan dan dapat dipercaya, ketanggapan petugas dalam pelayanan serta ketepatan waktu dalam memberikan pelayanan, kompetensi tenaga kesehatan yang dibuktikan dengan latar belakan pendidikan baik formal maupun informal, kemudahan pasien dalam memperoleh pelayanan, komunikasi yang baik, tingkat kepercayaan, keamanan, dan kelengkapan fasilitas. Jika semua tercapai dengan baik maka loyalitas pasien sebagai pelanggan akan terbentuk sebagai wujud kepuasannya. Di dunia pelayanan kesehatan, perbedaan tingkat kepuasan antara pasien BPJS dan Non BPJS sering menjadi topik pembahasan. Berdasarkan penelitian di ruang bersalin RSUD Soegiri Lamongan Jawa Timur (Darwati, 2018), diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam tingkat kepuasan antara pasien BPJS dan Non BPJS terhadap pelayanan kebidanan. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa untuk mencapai standar pelayanan yang memuaskan diperlukan pemerataan kualitas pelayanan kesehatan tanpa membedakan status asuransi kesehatan.
KEMBALI KE ARTIKEL
KIRIM
Artikel Lainnya
Powered by
Jixie mencari berita yang dekat dengan preferensi dan pilihan Anda. Kumpulan berita tersebut disajikan sebagai berita pilihan yang lebih sesuai dengan minat Anda.
LAPORKAN KONTEN
Konten tidak orisinal/melanggar hak cipta
Hate speech/menyerang/merugikan pihak lain
Vulgar/menimbulkan perasaan tidak nyaman (pornografi, darah, data privat, dsb)
Mengandung berita bohong/hoaks/misinformasi
Promosi aktivitas ilegal/berbahaya (judi, aborsi, investasi bodong, bunuh diri, dsb)
Spamming
Akun ini palsu/menggunakan identitas orang lain
Akun ini membahayakan pihak lain
Akun ini diretas
Akun menyebarkan kebencian (hate speech)
Alasan
Batalkan
Laporkan
0
0
Laporkan Konten
Laporkan Akun
X CLOSE
×
Akun Terverifikasi
Diberikan kepada Kompasianer aktif dan konsisten dalam membuat konten dan berinteraksi secara positif.
Pelajari selanjutnya.