Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Membangun Sense of Place dalam Pengambangan Kopi Osing Banyuwangi sebagai Ikon Budaya dan Ekonomi Kreatif

15 November 2024   09:59 Diperbarui: 15 November 2024   10:02 88 0
Kopi Osing adalah salah satu warisan budaya Banyuwangi yang kaya akan sejarah, cita rasa, dan nilai budaya lokal. Kopi osing dinamai sesuai dengan suku asli Banyuwangi yaitu Suku Osing, kopi ini memiliki cita rasa yang khas berkat kombinasi tanah vulkanik dan iklim tropis yang mendukung budidayanya. Namun, lebih dari sekedar minuman, Kopi Osing mewakili identitas budaya dan kehidupan masyarakat Banyuwangi. Dalam upaya untuk meningkatkan daya tarik dan keberlanjutannya, konsep sense of place menjadi penting, di mana kopi ini tidak hanya dipandang sebagai komoditas ekonomi tetapi juga sebagai simbol keunikan dan kekayaan budaya daerah.

Sense of place adalah rasa ketertarikan terhadap tempat, menghubungkan seseorang dengan suatu lokasi untuk menciptakan nilai yang unik. Dalam hal Kopi Osing, sense of place adalah tentang mengaitkan kopi ini dengan budaya, lingkungan, dan kehidupan masyarakat Banyuwangi, sehingga memberikan identitas yang kuat bagi produk tersebut, dan juga strategi membangun sense of place Kopi Osing sebagai sarana untuk meningkatkan ekonomi kreatif sekaligus melestarikan budaya lokal.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun