Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Representasi Perempuan dalam Iklan Kecantikan

26 November 2024   22:30 Diperbarui: 26 November 2024   22:52 36 0
     Dari tahun ke tahun, iklan adalah hal yang paling sering kita temui sebagai alat komunikasi massa yang efektif digunakan oleh tim advertising di sebuah perusahaan untuk mempromosikan suatu produk atau merek. Iklan dapat dikatakan baik apabila mampu mendorong perhatian konsumennya agar membeli produk yang dipromosikan sekaligus berhasil membentuk persepsi merek atau produk yang kuat dalam benak target konsumen (Agung, 2003). Iklan memang sangat berpengaruh pada pembentukan persepsi masyarakat terkait berbagai isu, salah satunya peran gender. Dalam iklan, perempuan selalu dijadikan subjek utama pada iklan produk kecantikan, mulai dari kosmetik, skin care, body care, hingga pelangsing tubuh. Akan tetapi, representasi perempuan dalam iklan menuai permasalahan yang cukup kompleks, di mana iklan selalu menampilkan perempuan dengan kecantikan paripurna dan tanpa disadari hal tersebut dapat memperkuat stereotip perempuan dengan standar kecantikan yang tidak realistis. 

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun