Minyak angin adalah salah satu jenis obat turun temurun yang dipakai oleh banyak orang hingga saat ini. Minyak angin kerap menemani perjalanan sebagian orang. Bahkan saya pernah melihat ada orang yang menghabiskan 1 botol ukuran 25 ml setiap hari. Awalnya ia memakai minyak angin lantaran penyakit polip yang dideritanya. Tapi lama-kelamaan ia merasa tergantung dengan minyak angin tersebut. Baginya tiada hari tanpa minyak angin. Ko Aliong begitu ia biasa dipanggil menggunakan minyak angin bukan lagi dengan cara menyedot atau menggosok tapi meneteskannya ke lubang hidungnya.
Sementara beberapa orang lagi selalu mengantongi minyak angin kemanapun ia pergi, untuk menghilangkan mual, pusing dan mabuk perjalanan. Makanya tak jarang kita mencium bau minyak angin dalam bis, kereta atau angkutan umum lainnya.
Manfaat minyak angin biasanya untuk meringankan sakit kepala, masuk angin, meredakan perut kembung, mabuk perjalanan, meringankan gejala flu. Juga berfungsi untuk melegakan hidung yang tersumbat.
Produsen yang bermain di pasar minyak angin juga tidak begitu banyak. So persaingan di kategori ini tidak seketat pada produk-produk lainnya. Hanya beberapa pemain saja yang mendominasi. Tapi mereka cukup kuat.
Kuatnya dominasi beberapa merek ini tidak membuat ciut nyali PT. Ultra Sakti untuk ikut nimbrung bermain di kategori ini. Di pertengahan tahun 2010 dengan gagah berani mereka meluncurkan produk minyak angin dengan merek fresh Care.
Mereka berani masuk di kategori ini bukan asal berani saja. Tapi dibekali dengan senjata inovasi dan nilai tambah dibanding produk minyak angin yang selama ini kita kenal. Minyak angin pada umumnya berbau menyengat dan kurang enak, berkesan orang tua sehingga orang muda tidak mau menggunakannya, design botolnya yang terkesan kuno.
Fresh Care keluar dari ‘kotak’ tersebut mereka hadir dengan kemasan botol roll on yang lebih modern seperti layaknya botol minyak wangi. Disamping itu sesuai dengan namanya fresh care tampil dengan aromaterapi yang menyegarkan, sehingga orang muda bahkan anak-anakpun bisa menyenanginya.
Untuk mendongkrak penjualan bintang muda Agnes Monica pun digandeng untuk dijadikan bintang iklan. Strategi distribusi pun diubah 180 derajat dari sebelumnya. Pasar modern, toko obat dan outlet ritel menjadi sasaran yang dituju.
Selain ATL [above the line] promosi lewat jalur BTL [below the line] melalui kegiatan pengajian, jalan sehat dan konser dangdut juga dilakoni. Hasilnya cukup menggembirakan penjualan melejit, bahkan diatas angka ekspektasi seperti yang pernah dituturkan Harun Pramono pada Swa beberapa waktu lalu. Beberapa tetangga disekitar rumah saya juga sudah banyak yang menggunakan fresh care. Merekalah yang menginspirasi saya membuat tulisan ini.
Inovasi memang salah satu kunci dalam pemasaran. Dengan semakin ketatnya persaingan di dunia bisnis diperlukan pemikiran dan tindakan yang inovatif agar bisa survive dan berhasil dipasar.
Dan bagi anda para pebisnis semoga kehidupan memudahkan anda dalam menemukan inovasi-inovasi bagi produk-produk anda!!
Disarikan dari berbagai sumber
Terima kasih_______________salam bijak palsu