Kompetensi literasi dalam ranah pendidikan dasar merupakan suatu pondasi yang dinilai sangat krusial dan fundamental bagi perkembangan akademik maupun sosial siswa ketika berada di sekolah dan lingkungan sekitarnya. Akan tetapi, berdasarkan hasil pengamatan dan apa yang saya saksikan di lapangan menjadi suatu kekhawatiran dan keprihatinan bahwasanya terdapat sebuah fenomena menurunnya kemampuan literasi siswa, khususnya di tingkat pendidikan dasar yaitu SD dan SMP yang saya kira banyak disebabkan oleh berbagai faktor. Fenomena yang banyak terjadi seperti ini bukan hanya menimbulkan keprihatinan bagi diri saya pribadi melainkan juga bagi para pendidik yang lain, seperti contoh misalnya tidak sedikit siswa yang masih mengalami kesulitan dalam membaca, beberapa siswa juga masih kesulitan dalam memahami konteks maupun isi bacaan juga berbagai situasi lainnya, dalam proses terjadinya penurunan kemampuan literasi siswa tentu bukan tanpa adanya sebab akibat, ada beberapa hal yang menurut saya menjadi titik latar belakang mengapa fenomena tersebut dapat terjadi, khususnya dalam optimalisasi konteks prinsip pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka yang beberapa dekade ini kita anut dan laksanakan.
KEMBALI KE ARTIKEL