Suatu waktu, dalam sebuah ruang kegiatan berbasis kepramukaan yang dilaksanakan oleh para pembina dan pramuka penegak, saya merenung membayangkan dan mengingat kembali tentang sebuah arti makna pengalaman yang pernah saya lalui dan rasakan selama ini dalam bentuk kecintaan saya kepada pramuka. Apa yang terbesit dalam benak saya, bahwasanya Pendidikan kepramukaan merupakan suatu upaya untuk membentuk karakter anak-anak, remaja, maupun peserta didik melalui banyak sekali kegiatan yang menyenangkan, edukatif, inovatif, dan mengedepankan kebersamaan antar anggotanya. Dalam pola pendidikan kepramukaan, saya tidak hanya sekadar memaknai bahwa pramuka itu hanya mengajarkan keterampilan (survival) bertahan hidup atau bertahan di alam bebas saja seperti yang digambarkan dalam gerakan-gerakan kepanduan dunia. Akan tetapi lebih daripada itu saya beranggapan bahwa pendidikan kepramukaan memiliki banyak sekali dampak yang sangat besar dalam membangun sikap dan mental yang positif bagi para siswa/peserta didik. Beberapa alasan yang menjadi dasar mengapa pendidikan kepramukaan itu penting secara implisit terlintas dalam hati dan pikiran saya.
KEMBALI KE ARTIKEL