Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Koneksi Antarmateri pada Modul Pembelajaran Berdeferensiasi

12 September 2022   22:16 Diperbarui: 12 September 2022   22:20 291 1
Pembelajaran defferensiasi adalah pembelajaran yang dapat mengakomodir seluruh kebutuhan belajar siswa karena  pembelajaran ini berakar pada pemenuhan kebutuhan belajar murid dan bagaimana guru merespon kebutuhan belajar tersebut. Pembelajaran ini juga merupakan serangkaian keputusan masuk akal yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan belajar murid. Dikatakan sebagai keputusan masuk akal karena pembelajaran deferensiasi bukanlah pembelajaran yang mengelompokkan yang pintar dengan pintar, yang kurang pintar  dengan kurang pintar atau memberikan tugas yang berbeda dalam setiap anak. Diferensiasi tidak berarti bahwa pendidik  harus dapat memenuhi  kebutuhan semua peserta didik setiap saat atau setiap waktu. Namun,  pendidik  diharapkan dapat menggunakan berbagai  pendekatan belajar sehingga sebagian besar peserta didik dapat  menemukan  pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhannya. Pembelajaran deferensiasi adalah pembelajaran yang mempunyai ciri-ciri atau karateristik sebagai berikut.

  • Tujuan pembelajaran yang jelas bagi guru dan murid.
  • Adanya respon dari guru dalam menyesuaikan rencana pembelajaran yang sesuai dengan pemenuhan kebutuhan siswa.
  • Dukungan dari guru selama proses belajar sehingga tercipta lingkungan belajar yang mengundang murid untuk belajar dan bekerja agar tujuan tertinggi dalam belajarnya tercapai.
  • Pengelolaan kelas yang efektif
  • Adanya penilaian berkelanjutan yang dapat dijadikan pedoman guru dalam penentuan rencana pembelajaran selanjutnya.
KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun