Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ruang Kelas

Pengaruh Influencer dengan Minat Beli Konsumen pada Produk Kosmetik

9 Desember 2024   14:11 Diperbarui: 9 Desember 2024   14:15 20 0
Penggunaan kosmetik pada Perempuan khususnya remaja sepertinya sudah menjadi kebutuhan pokok, berbagai iklan yang beredar di khalayak ramai terkadang menjadi obsesi tersendiri pada pihak Perempuan, Perempuan yang memiliki kulit putih, mata yang bagus, hidung yang runcing membuat para Perempuan sering melihat kesempurnaan Perempuan Perempuan diluaran sana, maka dari itu para Perempuan yang ada di zaman sekarang berlomba lomba agar terlihat lebih cantik seperti role model yang diinginkannya masing masing. wanita dapat menggunakan kosmetik secara efektif untuk meningkatkan daya tarik mereka. Ini dibuktikan melalui perilaku pria yang lebih proceptive dalam konteks pacaran (Guguen, 2008), Mereka juga memandang influencer sebagai konsep ideal yang diinginkan. Menurut McCracken (1989).Kebanyakan para Perempuan memiliki role model artis/influencer cantik yang terkenal dan memiliki ciri khas nya masing masing. Bagi para Perempuan sosok influencer tersebut merupakan acuan mereka dan tak jarang mereka mengikuti gaya serta tampilan yang mereka miliki, seperti gaya berpakaian, warna kesukaan serta perhiasan dan kosmetik yang digunakan. Konsumen memperoleh konsep diri yang memuaskan ketika menggunakan produk yang sama dengan idola mereka, sementara konsep diri dari persepsi tercermin melalui perilaku konsumen (Sumarwan, 2015). Kesamaan konsep diri antara konsumen dan influencer media sosial dapat menciptakan niat beli (Choi & Rifon, 2012; Ilicic & Webster, 2015). Hal tersebut tidak luput dari penggunaan kosmetik di kalangan Perempuan, pelonjakan penjualan kosmetik menjadi salah satu dampak positif terhadap ekonomi Indonesia, Pemasaran lewat media sosial menjadi tren lonjakan tinggi dalam dunia bisnis. Berdasarkan data dari global e-retail yang pernah say abaca mencatat pertumbhan mesaran melonjak drastic sejak tahun 2017, pertumbuhan paling besar salah satunya terjadi di Indonesia lalu diikuti dengan negara china, penjualan retail dari tahun 2015 terus menaik hingga sekarang.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun