Tujuan pembelajaran ini cukup luas dan mendalam. Pertama, modul ini bertujuan untuk membantu siswa memahami pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kedua, modul ini dirancang agar siswa dapat mengidentifikasi, menganalisis, dan menerapkan berbagai jenis norma dalam konteks yang berbeda.
Pembelajaran dibagi menjadi dua sesi utama. Pembelajaran 1 berfokus pada pengenalan dan pemahaman tentang norma dan berbagai macamnya, termasuk norma agama, kesusilaan, kesopanan, dan hukum. Sesi ini menggunakan metode ceramah dan diskusi kelompok untuk memfasilitasi pemahaman. Pembelajaran 2 lebih berfokus pada aplikasi dan penerapan norma dalam kehidupan sehari-hari siswa, menggunakan metode penyelidikan dan presentasi hasil diskusi kelompok.
Di dalam modul, terdapat berbagai aktivitas yang dirancang untuk mengasah kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan kemampuan kolaboratif siswa. Aktivitas-aktivitas ini mencakup studi kasus, role-playing, dan projek kelompok yang menantang siswa untuk menerapkan konsep yang telah mereka pelajari dalam situasi nyata.
Evaluasi pembelajaran mengambil pendekatan holistik, mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Teknik penilaian yang digunakan bervariasi, termasuk tes tulis, observasi, refleksi, dan penilaian portofolio, yang semuanya dirancang untuk menilai pemahaman siswa tentang materi, kemampuan mereka dalam menerapkan konsep-konsep tersebut, serta sikap dan nilai-nilai yang mereka manifestasikan selama proses pembelajaran.
Secara keseluruhan, modul ini bertujuan untuk tidak hanya memberikan pengetahuan teoretis kepada siswa tentang norma dan hukum, tetapi juga untuk memastikan bahwa mereka dapat menerapkannya dalam konteks kehidupan nyata mereka, menunjukkan tanggung jawab, etika, dan menghormati norma-norma sosial yang berlaku dalam masyarakat. Ini adalah bagian penting dari pembentukan karakter dan kesiapan mereka untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan beretika.