Pentingkah digitalisasi UMKM ini kepada pengusaha yang sudah memulai berbisnis dari awal hingga memasuki masa digital ini? Kurangnya minat pada  para pengusaha UMKM untuk memulai memasarkan usaha mereka dengan memanfaatkan penggunaan media digital namun ada beberapa UMKM yang sudah menerapkan hal ini, tetapi mereka masih kurang dalam pemahaman terkait digital marketing. Menurut Yuswohadi Maulana (2017) yang mengatakan bahwa jika ingin bertahan, maka pelaku UMKM harus mampu memaksimalkan  manfaat perkembangan digital. Pada era yang berkembang ini, peluang bisnis akan berkembang pesat dan dapat membuka gerbang bagi UMKM untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Namun, tak semua UMKM mampu mengikuti arus digitalisasi, dikarenakan tertinggal di belakang dan terjebak dalam jurang kesenjangan digital. Bagi pengusaha yang telah memulai berbisnis dari awal, tantangan digitalisasi ini semakin terasa dikarenakan mereka harus beradaptasi dengan cepat serta mempelajari strategi baru untuk menjelajahi dunia online. Oleh karena itu, dengan adanya kesenjangan digital ini dapat dijembatani dengan menerapkan strategi digital marketing yang efektif. Strategi ini bisa menjadi kunci bagi UMKM untuk membuka gerbang peluang baru, menjangkau pelanggan yang lebih luas dan bisa  meningkatkan keuntungan bagi mereka. Dari hal tersebut, beberapa UMKM masih belum memiliki media sosial, kurangnya pemahaman terkait digital marketing, terbatasnya sumber daya penunjang, serta masih perlu pemahaman dalam kesadaran atau keikutsertaan pengusaha UMKM dalam merangkai foto produk yang menyorot pada poin utamanya.
KEMBALI KE ARTIKEL