Di era revolusioner saat ini, ekonomi digital merupakan proyeksi talenta-talenta baru yang menginspirasi daya saing. Saat ini ekonomi digital berkembang sangat pesat di seluruh dunia, khususnya di Indonesia, terbukti dengan peningkatan jumlah pengguna Internet. Indonesia akan memiliki 204,7 juta pengguna internet pada awal tahun 2021, meningkat 8 juta dari Januari 2020. Terutama ketika pandemi COVID-19 mengubah cara kerja layanan dan perilaku konsumen. Pelaku ekonomi harus berinovasi untuk beradaptasi dengan kebiasaan konsumen baru, mulai dari model jual beli tradisional hingga E-commerce (Nina Rahayu,2022). Eksistensi ekonomi digital ditandai dengan semakin meluasnya perkembangan bisnis atau transaksi perdagangan yang memanfaatkan media digital sebagai alat komunikasi, kolaborasi dan kegiatan ekonomi antar perusahaan atau individu, seperti E-commerce dan perdagangan elektronik. Ekonomi digital dapat dijelaskan sebagai cara manusia berperilaku untuk memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas hanya dengan jari-jemari, atau ekonomi digital juga dapat diartikan sebagai aktivitas manusia yang berkaitan dengan produksi, konsumsi, dan distribusi yang semuanya dilakukan dengan praktis. Arti dari ekonomi digital di atas adalah masyarakat tidak perlu lagi pergi ke pasar untuk mencari produk dan layanan, dapat diantar ke rumah hanya dengan handphone untuk memenuhi keinginannya (Supriyanto, 2024). Karena dunia berubah begitu cepat, kita tidak punya pilihan selain terus belajar dan bersiap beradaptasi melalui inovasi, yang kemungkinan besar akan menghasilkan lebih banyak lapangan kerja baru, yang sebagian besar belum tersedia saat ini. Di sisi lain, dampak positif revolusi industri keempat yang ditandai dengan industri digital telah menginspirasi setiap orang untuk mendapatkan pemberdayaan teknologi dan memasuki pasar dunia. Generasi muda berperan penting dalam mendukung digitalisasi. Generasi muda sudah tidak asing lagi dengan perkembangan teknologi. Kreativitas generasi muda pada kemampuan transformasi sektor keempat membuat Indonesia bisa melakukan lompatan besar dengan mencetak generasi muda yang siap membangun Indonesia dan mewujudkan Indonesia maju ( Jujur Gunawan Manullang,2024).
KEMBALI KE ARTIKEL