Pertanyaanya, TVC kayak apasih yang bikin betah? Simple!
Pemirsa rela pantengin sekian detik. Menonton sebuah TVC sampai tuntas tanpa ganti channel atau tanpa diskip di Youtube.
Jujur saja, hampir semua pemirsa tidak suka iklan. Tayangan yang paling dibenci di TV, pasti iklan. Benar kan?
Di era banyaknya opsi siaran televisi atau materi tontonan di Youtube, sebuah iklan dapat dengan mudah membuat stasiun TV kehilangan pemirsa. Semudah gerakan satu detik jarum jam. Ya, hanya dengan satu sentuhan ujung jari, iklan dapat ditinggalkan bila tidak menarik. Dan itu yang terjadi pada mayoritas iklan kita di Indonesia.
Eits, tapi tunggu dulu. Ternyata ada juga beberapa iklan yang selalu ditunggu-tunggu. Bahkan ditonton bekali-kali. Kuncinya memang pada konten yang sarat pesan. Bukan malah terlalu menonjolkan produk yang diiklankan, dan justru meninggalkan unsur story telling.
Lalu bagaimana dengan iklan-iklan di Indonesia? Meskipun banyak iklan membosankan dan hanya menonjolkan tubuh perempuan atau hal lain yang kurang relevan, tapi saat ini sudah mulai juga muncul TVC yang inspiratif. Punya kekuatan story telling dan sarat pesan.
Terbaru, TVC SCG berjudul “Kembali Untuk Berbakti, Cerita Merantau Empat Bersaudara” berhasil mencuri perhatian saya. Iklan ini saya temukan tayang di Youtube. Saya kira iklan bakal viral.