ASSALAMUALAIKUM WR WB. PERKENALKAN NAMA SAYA JUMRIANI, SAYA ADALAH CALON PENGGERAK
ANGKATAN 7 SMKN 4 KOLAKA UTARA
Alhamdulilah bersyukur karena diberi kesempatan untuk ikut diklat calon penggerak, diklat ini
sangat bermamfaat bagi saya sebagai seorang guru untuk meningkatkan kompetensi sehingga dapat
melaksanakan tugas dengan baik dan menghasilkan murid yang mempunyai kompetensi, sikap/karakter
yang baik, unggul dalam kompetensi pengetahuan maupun keterampilannya.
1. Perasaan saya melakukan perubahan di kelas
Perasaan saya selama melakukan perubahan di kelas yaitu merasa sangat
senang dan lebih bersemangat untuk membiasakan perubahan tersebut dilakukan
secara terus menerus. Adapun perubahan yang telah saya lakukan antara lain
adalah
a. melakukan asesmen diagnostik karena selama jadi guru hal ini yang belum
pernah saya laksanaka.denganmelakukan ini maka akan terwujud
pembelajaran berpusat pada siswa. Dengan asesmen ini saya akhir tau apa
yang sebenarnya murid inginkan sehingga saya dapat membuat suasana
belajar yang menyeangkan.
b. membuat kesepakatan kelas, dengan adanya kesepakatan kelas ini
membangun karakter murid terutama kedisiplinan, taat pada aturan.
2. Ide atau gagasan yang timbul sepanjang proses perubahan
Guna mewujudkan merdeka belajar maka asesmen diagnostik menjadi acuan
untuk saya merancang pembelajaran, sehingga pembelajaran berpusat terhadap
siswa, menghambah kepada siswa sebagaimana pemikiran Ki Dewantara dapat
terlaksana. Tentunya ini perlu kerja keras di mana dalam satu kelas/rombel
terdapat karakter yang berbeda beda dan murid yang berbeda maka berbeda pula
cara memberi pengajaran dan pendidikannya.dalam membuat kesepakatan kelas
saya berusaha untuk terus mengingatkan satiap pertemuan agar pelanggaran bisa
diminimalisir.
3. Pembelajaran dan pengalaman dalam bentuk catatan praktik baik
Pembelajaran saya dapatkan setelah melaksanakan asesmen diagonostik adalah
dapat memahami asesmen diagnostik antara lain a). asesmen diagnostic itu
terbagi 2 yaitu non kognitif dan kognitif, b) tujuan asesmen diagnostic c). Tahapan
pelaksanaan asesmen diagnostic. Pengalaman dalam bentuk praktik saya adalah
dapat mengetahui karekter siswa, bagaimana gaya belajarnya sehingga dapat
merancang proses belajar mengajar yang berpihak pada siswa.
4. “ Foto Bercerita “ dari seluruh rangkaian pelaksanaan.
a. Persiapan ( jadwal pelaksanaan asesmen, identifikasi materi asesmen, susun
pertanyaan)
Jadwal Pelaksanaan : 07 November 2022
Pembuatan Instrumen Asesmen