Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Pembelajaran di Jenjang Sekolah Menengah di Era Disrupsi

22 Januari 2024   04:19 Diperbarui: 22 Januari 2024   07:03 68 0
Pembelajaran di jenjang sekolah menengah mengalami transformasi signifikan di era disrupsi. Tantangan utamanya meliputi integrasi teknologi, pengembangan kompetensi tenaga pendidik, dan penyesuaian kurikulum. Integrasi teknologi dalam pembelajaran menjadi kunci penting dalam mempersiapkan peserta didik menghadapi tuntutan zaman. Selain itu, pengembangan literasi digital juga diperlukan untuk memastikan peserta didik mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara efektif. Peran guru juga berubah menjadi lebih sebagai fasilitator pembelajaran, yang membantu peserta didik memahami konsep matematis dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pengembangan kompetensi tenaga pendidik juga menjadi fokus utama, karena pendidikan mengalami perubahan masif baik dari segi sistem, administratif, maupun teknis. Kompetensi pendidik harus selalu dikembangkan dan disesuaikan dengan kondisi serta kebutuhan zaman. Selain itu, perlu adanya penyesuaian dalam model pembelajaran, seperti pembelajaran terpadu dan komprehensif, serta penanaman karakter peserta didik secara sistematis dan berkesinambungan.

Kurikulum juga perlu disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan informasi, serta memperhatikan kebutuhan peserta didik. Hal ini akan membantu menciptakan lingkungan pembelajaran yang responsif terhadap perubahan zaman dan tuntutan kemajuan teknologi.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun