Telah diketahui bahwa konsep pendidikan ilmu sosial pertama kali dimulai dari August Comte, yang memanfaatkan aspek filosofi dan antropologi untuk memajukan perlunya diajarkan ilmu sosial untuk menjawab keadaan zaman yang menjadi lebih turbulen dibanding sebelumnya. Selain itu terdapat juga gagasan Emile Durkheim dengan teori fungsionalitasnya. Ini timbul dalam konteks masa awal industrialisasi Eropa, dimana strata sosial yang jelas dan bersifat ekslusif dari masa lalu telah dirubuhkan berkat revolusi dan peperangan intens selama lebih dari 10 tahun. Alhasil, dari reruntuhan sosial tersebut mulailah dilaksanakan sebuah gaya hidup dan eksperimen baru untuk mengakomodasi keperluan masyarakat disana sebagai pengganti feudalisme yang sudah cerai berai dan lemah sebelum revolusi terjadi. Masyarakat juga dihadapkan dengan pilihan apakah mereka lebih baik kembali ke nilai konservatif prarevolusi atau mengusung dan memajukan nilai sekularisme dan liberalisasi yang diletakkan Napoleon di sebagian besar Eropa Barat.Â
KEMBALI KE ARTIKEL