Dalam sebuah organisasi ketika semua anggota melakukan suatu pekerjaan yang sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan oleh seorang pemimpin merupakan cara untuk menetapkan strategi, program dan kebijakan untuk mencapai tujuan. Maka dari itu, pentingnya suatu budaya organiasai sangatlah penting bagi anggota untuk mengembangkan dan meningkatkan kinerja.
Disisi lain, disini memiliki perbedaan antara budaya organisasi dan budaya perusahaan, dimana Budaya organisasi yang berfokus pada suatu asumsi dan nilai serta suatu komunikasi dan berkontribusi pada penerapan dilingkungan sosial dan psikologis suatu organisasi. sedangkan budaya perusahaan memiliki fokus terhadap perusahaan-perusahaan swasta,bisnis kecil.
Pada dasarnya kedua hal tersebut sama tetapi memiliki impelemntasi dan pengaturan yang berbeda antar kepentingnan satu sama lainnya. Faktor-faktor terjadinya perusahaan dalam organisasi perusahaan yaitu, adanya faktor Eksternal dan Internal misalnya faktor Ekternal yaitu berupa Perkembangan Teknologi, Faktor Ekonomi dan Peraturan pemerintah. Dan untuk Faktor internal berupa masalah apda internal anggota organisasi yaitu SDMnya itu sendiri
Cara untuk menciptakan Budaya Organisai yang Positif ditempat anda :
1. Ciptakan suatu nilai dan attitude yang baik pada organsiasi
2. Menciptakan dan memelihara komunikasi dan kolaborasi yang baik
3. Memiliki lingkungan anggota organisasi yang bersifat menghargai dan memahami kinerja dan tanggung jawab masing-masing.
4. Memberikan pemhamanan atas tujuan dan reward yang jelas kepada anggota atau karyawan.
Apakah pengaruh budaya menjadi Beban bagi anggota organisasi ?