Bagaimana hubungan yang "sejuk" ini bisa terbina sangat bergantung dari tingkat kesamaan titik keberangkatan dan destinasi, atau monggo, Anda bisa menyebutnya visi dan misi.
Saya menggunakan kata "tingkat" karena jelas bahwa untuk sampai dengan mulus ke destinasi bersama dibutuhkan sebuah perjalanan bersama dan dengan demikian juga waktu tempuh bersama.
Saya tidak akan membahas tentang hal-hal diluar seju yang sejuk maupun hal-hal yang mempengaruhi hubungan ini secara negatif dan destruktif, yang memang tidak bisa dihindari karena senior dan junior berdiri di posisi yang berbeda, dan perbedaan posisi ini perlu penyetaraan (levelling) dalam menjalankan tugas masing-masing dan memberikan kontribusi masing-masing kepada perusahaan.
Jadi dikotomi senior - junior itu hanya dalam hal bagaimana seorang junior bersikap kepada senior dan sebaliknya. Sekali lagi, jika tidak demikian, maka lingkungan kerja toksik yang pernah saya bahas dalam artikel-artikel terkait sebelumnya pun tak terelakkan.
Lingkungan kerja toksik ini berpotensi menghambat pelaksanaan pekerjaan dan menimbulkan suasana yang sangat tidak kondusif. Lingkungan kerja toksik bisa ditimbulkan oleh siapa saja di kantor, mulai dari bawahan, rekan kerja, atasan, bahkan juga bos, lihat artikel saya: Profiling 3 Karakteristik Manusia Toksik sebagai Unsub, dan: Kompetensi dan Sikap: Senjata Antigagal Menghadapi Manusia Toksik.
Dari artikel pertama di atas ada 3 karakteristik yang harus diwaspadai secara proporsional oleh seorang senior maupun junior:
1. Perasaan paling superior.
2. Kedekatan yang bukan berlandaskan ketulusan.
3. Inkompetensi dan ketidakjujuran.
Setelah mengidentifikasi potensi masalahnya, mari kita kaji potensi solusinya, yang hanya terdiri dari 2 komponen, yaitu: Kompetensi dan Sikap, yang tentunya dilandasi oleh JJC (Jujur, Jelas, Cepat), lihat artikel saya: Mencapai Target Hidup: JJC Prasyaratnya.
Kejujuran
Kejujuran tidak bisa ditawar-tawar, jadi jangan "memulai" sebuah ketidakjujuran bahkan dalam pikiran. Inilah yang dinamakan dengan kejujuran mutlak (absolute honesty) oleh Ivan Burnell dalam bukunya, Power of Positive Doing. Saya menerjemahkan buku ini dan menerbitkannya via Gramedia Pustaka Utama pada 2001.
Kejujuran adalah kejujuran dan kebohongan adalah kebohongan, tidak ada yang namanya berbohong untuk kebaikan atau kebohongan putih (white lies). Itu hanya istilah yang dibuat oleh orang yang sudah berkompromi dengan ketidakjujuran. "Kebenaran akan membebaskanmu" sama dan sebangun dengan "kebohongan akan memperbudakmu."
Ada banyak hasil penelitian yang telah menunjukkan bahwa yang paling diinginkan oleh seorang bos dari seorang pelamar kerja adalah kejujuran. Benarkah keinginan seperti ini? Bagaimana kalau bos ini mencapai targetnya dan mendapat seorang pekerja yang jujurnya luar biasa, namun tidak memiliki kompetensi yang layak dalam melaksanakan pekerjaannya, apakah dia tidak menyesal?
Kompetensi
Jadi, dalam dunia korporat yang paling utama adalah kompetensi, sedangkan kejujuran adalah prasyarat yang lebih awal lagi yang mengiringi kompetensi itu.
Dalam bekerja, kompetensi masing-masing karyawan disalurkan dalam bentuk tenaga, pikiran, tanggungjawab, dan ide dalam porsi yang bervariasi.
Kompetensi diperoleh melalui pendidikan, pelatihan, pembelajaran, pengalaman dan pemikiran, dengan berbagai tingkat pengorbanan sesuai tingkat pendidikan yang pernah ditempuh. Penghargaan atas kompetensi yang dimiliki dimulai dari diri sendiri.
Kompetensi seorang pekerja profesional itu bisa dianalogikan dengan sebuah HP, pakai atau tidak pakai pulsanya harus tersedia.
Ketika seseorang berada di kantor untuk bekerja selama jam kerja, itu bukan berarti setiap detik dia harus "kelihatan sedang bekerja," tetapi lebih kepada penggunaan kompetensi untuk menyelesaikan tugas sebaik-baiknya dan secepat-cepatnya.
Hubungan Baik dengan Semua Orang di Kantor
Tugas di kantor mengambil bentuk instruksi dari atasan maupun koordinasi dengan berbagai pihak yang terkait dalam penyelesaian tugas itu.
Di sinilah kita perlu membina hubungan yang baik dengan semua orang di kantor. Masing-masing orang bersikap sesuai dengan posisi yang ditempatinya, entah sebagai junior maupun senior.
Â
Kesimpulan
Dalam bekerja, dengan berlandaskan kejujuran, prasyarat yang paling penting adalah kompetensi dan pemeliharaan hubungan baik dengan semua orang di kantor.
Jika junior maupun senior memperhatikan hal ini, maka lingkungan kerja toksik bisa dihindari dan pekerjaan bisa diselesaikan sebagaimana mestinya untuk mencapai visi dan misi perusahaan, semuanya karena hubungan seju yang sejuk.
Di luar semua ini adalah hal-hal yang tidak penting.
Jonggol, 30 Juli 2021
Johan Japardi