Perkembangan digital saat ini membuat masyarakat menjadi konsumtif bahkan perilaku konsumtif ini bisa mengalahkan kebutuhan untuk keinginan sesaat, dengan adanya marketplace online, pembayaran yang mudah dengan dompet digital, dan sistem pengiriman barang yang dipermudah, membuat masyarakat bisa membeli barang apapun dengan sangat cepat dan mudah hanya dari rumah saja, namun hal tersebut terkadang membuat masyarakat terlalu mudah tergiur dengan barang-barang murah dan diskon yang sebenarnya tidak dibutuhkan sering terjadi terutama pada kalangan gen Z. Keinginan mereka akan barang tertentu seringkali mengalahkan kebutuhan dan membuat mereka lebih boros, karena itu penting untuk kita memahami dampak dari budaya konsumtif terhadap kehidupan sosial dan finansial untuk mencegah penggunaan uang yang berlebihan dan tidak penting. Karena itu artikel ini dibuat untuk menggambarkan bagaimana budaya konsumtif digital terjadi serta memberikan wawasan dan saran untuk mengatasi perilaku konsumtif tersebut terutama dikalangan gen Z dan millenial yang sering tergiur oleh barang-barang diskon dan murah.
KEMBALI KE ARTIKEL