Setelah kemarin sampai menyusun laporan, tadi siswa kembali berkelompok untuk membahas penampilan mereka saat melaporkan berbagai peristiwa secara lisan di depan kelas. Lima belas menit kemudian kelompok Indri siap untuk maju. Mereka maju bergantian melaporkan tentang perpustakaan dan lancar. Kelompok selanjutnya Maharani dkk, mereka tampil dengan lancar mempresentasikan laboratorium IPA.
Demikianlah kelompok demi kelompok tampil di depan kelas. Untuk siswa yang telah tampil kutanyai tentang isi laporan temannya untuk menguji apakah dia menyimak dengan baik. ternyata Mono bisa menceritakan kembali secara singkat isi laporan kelompokIndri. Demikian pula Riki bisa menyampaikan pokok-pokok laporan kelompok Maharani.
Sampai pelajaran hampir usai, kututup pelajaran dengan menyampaikan sedikit tentang pendidikan karakter. Karakter atau watak terbentuk dari kebiasaan, kebiasaan yang baik akan menjadi karakter yang baik misal: bangun pagi, membunag sampah di tempat sampah, beribadah. Mereka tampak memahami apa yang kusampaikan.
Pekerjaan rumah untuk hari itu siswa kutugasi meminjam buku kumpulan cerpen di perpustakaan untuk menceritakan kembali isi cerpen yang dibaca. Kusampaikan pula rencana pembelajaran selanjutnya yaitu membaca memindai, khususnya membaca indeks buku.
Sebelum salam kuingatkan siswa supaya belajar dan jam belajarnya dicatat di buku besok akan kucek. Refleksi dengan menanyakan " Hari ini kalian senang belajar Bahasa Indonesia?" . Mereka menjawab serentak " Senang Bu...!".
Inilah jurnal guru yang kutulis hari ini saat mengajar di kelas 9 B di SMP. Ilmu atau pengetahuan tentnag jurnal guru kudapat saat pelatihan Guru Pemandu Program Bermutu di hotel Lor In Solo 17 sampai 25 Juli 2010 yang lalu. Widya Iswara yang menyampaikan Bapak Slamet Tri Mulyantoro. Selain jurnal guru ada jurnal siswa yang ditulis siswa.
Pagentan, Banjarnegara  5 Agustus 2010