Didalam sebuah perusahaan pasti terdapat sekumpulan orang, dan sekumpulan orang tersebut pasti akan terbagi berdasarkan tugas sesuai dengan skill yang dimilikinya. Apabila tidak ada pembagian tugas akan terjadi tumpang tindih dalam menyelesaikan pekerjaannya, dan target pekerjaan tidak akan dapat tercapai. Terbayangkan bagaimana kacaunya sebuah perusahaan apabila tidak adanya struktur tugas yang jelas pasti perusahaan tersebut akan kacau. Untuk menghindari hal tersebut dibutuhkan adanya pembagian tugas dan wewenang. Itulah pentingnya analisis jabatan dalam sebuah perusahaan, dimana alanisis jabatan ini ada uraian jabatan dan persyaratan jabatan, setiap jabatan dalam organisasi memiliki peran dan tanggung jawab berbeda yang diuraikan secara jelas dalam deskripsi pekerjaan. Pembagian tugas yang jelas akan memudahkan pegawai dalam menjalankan dan menyelesaikan pekerjaannya, dan pegawai juga akan lebih bertanggung jawab atas pekerjaan yang diberikan kepadanya.
KEMBALI KE ARTIKEL