Maraknya keberadaan para
food blogger atau
foodie di sosial media seperti
Instagram, tentunya sudah tidak asing lagi bagi para pecinta kuliner. Tentunya di zaman sekarang ini, banyak diantara kita yang mencoba makanan atau mengunjungi suatu restoran tertentu berdasarkan ulasan mereka. Pengaruh besar yang dihasilkan dari para
food blogger dan
foodie ini membuat jasa penyedia makanan, dari restoran kelas atas sampai bisnis makanan pinggir jalan, tidak lagi mengandalkan pemasaran tradisional seperti iklan di media massa. Pengandalan pemasaran terhadap peran
food blogger dan para
foodie di sosial media ini tentunya dikarenakan ulasan mereka yang jujur, obyektif serta deskriptif. Selain itu, mereka juga bisa mengakses jaringan masyarakat yang lebih luas dan mempunyai kapabilitas pemasaran mulut ke mulut (
word of mouth). Pemasaran mulut ke mulut yang berantai ini tentunya menjadi salah satu cara pemasaran yang lebih efektif dan membawa banyak keuntungan tersendiri bagi para produsen makanan.
KEMBALI KE ARTIKEL