Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Dasar dalam Tinjauan Teori Konkret-Operasional Pigeat

28 November 2023   23:05 Diperbarui: 28 November 2023   23:09 138 0
Anak usia sekolah dasar merupakan masa transisi, yaitu dari usia dini menuju keusia dewasa, masa permainan ketika di TK menuju pembelajaran ketika di SD, dan masa keemasan menuju masa keaktifan. Masa transisi ini merupakan proses perkembangan anak. Secara umum siswa sekolah dasar dikelompokkan ke dalam dua tahapan yaitu, fase kelas rendah  usia 6-9 tahun (yang duduk di kelas 1, 2, dan 3) dan fase kelas tinggi usia 10-12 tahun  (yang duduk di kelas 4, 5, dan 6). Kedua fase diatas tentunya memiliki karakteristik yang berbeda. Anak sekolah dasar pada fase tingkat rendah cenderung memiliki sifat khas yang berbeda dengan anak yang berada pada fase kelas tinggi. Pada aspek kesehatan pertumbuhan jasmani dan prestasi pada fase kelas rendah memiliki kolerasi positif yang tinggi, lebih bersikap patuh terhadap aturan-aturan permainan tradisional, menyepelekan pekerjaan, sengang memuji diri sendiri dan menganggap dirinya adalah yang terbaik. Sedangkan anak yang berada pada fase kelas tinggi cenderung lebih senang pada hal yang bersifat raktis dan konkret, berpikir lebih realistik, rasa ingin tahu yang tinggi, gemar belajar, suka pada mata pelajaran tertentu, senang berkelompok dalam bermain dan menentukan aturan mainnya sendiri.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun