Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Pendekatan TPACK dalam Pembelajaran Bahasa Prancis Model Discovery Learning

23 Desember 2022   16:50 Diperbarui: 23 Desember 2022   16:54 676 7
Pada abad 21 ini guru harus memiliki pengetahuan sekaligus keterampilan dalam menggunakan berbagai perangkat teknologi untuk memfasilitasi belajar dan meningkatkan hasil pembelajaran. Peran teknologi semakin melekat dengan dunia pendidikan. Saat ini banyak sekali platform maupun aplikasi yang bisa digunakan untuk mendukung guru untuk melakukan inovasi pembelajaran. Dengan tersedianya berbagai platform dan aplikasi, diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, membantu guru dalam menyampaikan materi sehingga siswa dapat  lebih mudah memahami dengan baik materi yang dipelajari.

Penyebutan TPACK adalah dari Pengetahuan (Knowledge/K) cara membelajarkan (Pedagogy/P) dan menguasai materi pembelajaran sesuai bidang (Content/C)) ini dikenal dengan istilah Pedagogy Content Knowledge (PCK). Istilah PCK pertama kali diperkenalkan oleh Shulman pada tahun 1986. PCK tidak sekedar gabungan pengetahuan tentang pedagogi dan penguasaan materi namun diperkuat oleh pengalaman-pengalaman guru. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan pengaruh besar terhadap proses pembelajaran abad 21. Hal ini mendorong pengajar untuk memiliki pengetahuan terkait teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Istilah PCK kemudian berkembang menjadi TPCK dimana "T" adalah teknologi. Guna memudahkan  penyebutannya TPCK diubah menjadi TPACK.  Konsep TPACK yaitu;

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun