Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Implementasi Pembelajaran pada Theory Jarome Bruner dalam Pendidikan Islam

29 Oktober 2023   15:31 Diperbarui: 29 Oktober 2023   15:32 44 0
Penyebab  pembelajaran  terasa  membosakan  karena  kurang  menariknya  pembelajaran,  Pembelajaran  menarik  karena  adanya    rasa  ketertarikan  pada  mata  pelajaran  tersebut.  Misalnya  pembelajaran  pendidikan  Islam  pada  Sekolah  Dasar  bagaiamana  supaya  peserta  didik  dapat  menyukai  dan  memiliki  ketertarikan  terhadap  mata  pelajaran  Pendidikan  Islam,  sebagai  pengajar  memiliki  peran  penting  dalam  menciptakan  suasana  belajar  yang  nyaman,  kemudian  diharapkan  juga  kemampuan  pengajar  pada  memacu  peran  aktif  peserta  didik  pada  proses  belajar  Pendidikan  Islam,  sehingga  pengajar  akan  lebih  mudah  mengarahkan  fungsi  otak  rasional  peserta  didik  secara  optimal,  dan  Jika  berlangsung  secara  baik  maka  otak  intuitif  peserta  didik  akan  bekerja  sampai  membantu  proses  pembelajaran  Pendidikan  Islam  menjadi  lebih  maksimal.  Hasil  belajar  yang  tidak  sesuai  dengan  harapan  atau  tidak  mencapai  tujuan  sebagain  besar  dikarenakan  tidak  adanya  solusi  yang  diberikan  oleh  pengajar  terhadap  permasalahan  pembelajaran  yang  dialami  peserta  didik. kemudian bagaimana Implementasi  pelajaran  Pendidikan  Islam  pada  Sekolah  Dasar  dalam  teori  Jarome  Bruner.

  •  Mulai  dengan  memperkenalkan  kisah-kisah  Al-Quran  yang  sederhana,  seperti  kisah-kisah  para.  gunakan  kitab  cerita,  gambar,  atau  cerita  bergambar  buat  memvisualisasikan  kisah-kisah  ini.  Selanjutnya,  secara  sedikit  demi  sedikit  perkenalkan  kisah-kisah  yang  lebih  kompleks  sesuai  dengan  usia  dan  pemahaman  peserta  didik.  dalam  pembelajaran  ini,  pengajar  dapat  mendorong  peserta  didik  untuk  bertanya,  berdiskusi,  serta  menceritakan  kembali  kisah-kisah  tersebut.
  • Mengajarkan konsep-konsep dasar ibadah seperti shalat, puasa, serta zakat dalam bahasa yang mudah dimengerti. Ajarkan langkah-langkah pelaksanaan ibadah secara bertahap dan ikuti dengan praktik beserta. pengajar bisa berperan sebagai model yang memberikan pedoman (scaffolding) kepada peserta didik. Hal ini membantu membentuk pengalaman belajar yang sesuai menggunakan tahap perkembangan kognitif peserta didik, mengutamakan pemahaman mendalam, serta mendorong partisipasi aktif pada pembelajaran agama.
KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun