Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis dan kemandirian belajar siswa adalah Problem Based Learning (PBL). Dalam model PBL, siswa diajak untuk aktif berpikir, berkomunikasi, mencari solusi, dan menyelesaikan masalah. Penggunaan teknologi, seperti software Geogebra, juga menjadi penting dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.
Hasil penelitian yang dilakukan penulis dalam memenuhi tugas akhir skripsinya menunjukkan bahwa siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model PBL berbantuan Geogebra mengalami peningkatan kemampuan representasi matematis yang lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori. Hal ini dapat dilihat dari kualitas jawaban siswa yang lebih terarah dan rinci pada lembar kerja. Pembelajaran PBL dengan Geogebra juga mendorong partisipasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran.
Selain itu, penulis juga ingin menunjukkan adanya peningkatan dalam kemandirian belajar siswa yang mengikuti pembelajaran PBL berbantuan Geogebra. Siswa yang belajar mandiri dan memiliki tanggung jawab tinggi cenderung mencapai hasil belajar yang lebih baik.