Yang jelas cerita film ini sudah pasti fiksi dan jenis filmnya formalistik (lawan dari realisme) atau bisa dibuat realisme yang dibuat-buat dan wajar saja karena untuk kepentingan "entertainment " (hiburan) yang entertaining (menghibur). Kalau mau lihat literatur cerita film AADC mengacu kepada paradigma klasik (Classical Paradigm) yaitu format penceritaan yang menjaga setiap karakternya agar sesuai dengan "keinginan" penonton...seperti yang antagonis pasti kalah dengan yang protagonis, walaupun sang protagonis pada awalnya kalah. Dalam buku The Poetics, Aristotle, ilmuwan Yunani masa lalu membedakan dua cerita fiksi antara mimesis (mempertunjukkan) dan diegesis (menceritakan), dan melihat film ini keduanya disatukan dimana faktor memesisnya (menurut saya) jauh lebih kental.
Cerita jenis ini menekankan kesatuan dramatis dan motivasi-motivasi yang masuk akal. Untuk menambah "kekuatan emosi" ada deadline yang harus dipenuhi seperti adegan Rangga harus ke New York setelah dua hari menginap di Indonesia. Disini ada dua plot dibangun agar cerita cinta romantis dibangun paralel dengan garis utamanya-Rangga mau pulang dan Cinta mendelete seluruh chat historynya dengan Rangga.
Struktur plotnya lurus-lurus saja (linear) dan mengambil bentuk sebuah perjalanan (New York-Jakarta-New York), pengejaran (Rangga ingin ketemu Cinta dan Cinta mengejar Rangga akhirnya). Action is Character begitu kata Syd Field dalam beberapa karangannya tentang skenario (screenwriting)...intinya Apa yang dia kerjakan menunjukkan siapa dirinya bukan apa yang dia ucapkan. Coba lihat berapa banyak Rangga dan Cinta beradu bicara...hanya yang penting-penting saja...terutama lewat pesan chatting dan gerak gambar. Para penyuka gaya penceritaan ini mementingkan pada hasil akhir yang sesuai tujuan yaitu Rangga bertemu Cinta...(dan bisa AADC (3), Rangga dan Cinta seriusan. Lewat cara ini, film berdurasi pendek ini mampu dan "gampang" dipahami lewat scene-scenenya yang runut, walaupun buat pencinta film "agak serius" menganggap film jenis ini "mengada-ngada" saja.