Pernahkah anda mendengar
Service Blueprint? Â Konsep service blueprint pertama kali dikenalkan oleh Lynn Shostack dalam artikelnya di Harvard Business Review tahun 1984.
Service Blueprint merupakan sebuah rancangan yang menggambarkan secara akurat terkait sistem pelayanan sehingga individu yang terlibat dalam penyediaan jasa tersebut dapat memahami sistem dengan baik meskipun setiap individu memiliki peran dan sudut pandang yang berbeda. Sebagai contoh ketika anda akan membuat baju pengantin. Tentu anda akan memulainya dengan ide, lalu mulai merancang baju seperti apa yang akan anda buat dan menuangkan ide dan rancangan tersebut dalam sebuah sketsa atau gambar. Setelah itu anda akan mulai menghitung biaya-biaya, jenis bahan yang akan anda gunakan, warna dan lain-lain. Kemudian anda akan mulai  mengerjakan baju tersebut, meskipun tidak mudah, pekerjaan merancang baju memerlukan waktu yang cukup lama.Â
KEMBALI KE ARTIKEL