Topik permasalahan pada kasus adalah tentang motorik halus pada kelompok TK B anak usia 5 -- 6 tahun di TK DWP Glagaharum. Topik tersebut diangkat mengingat pentingnya kemampuan sensorik motorik halus bagi anak paud khususnya. Perkembangan motorik halus anak di pengaruhi oleh berbagai faktor sebagaimana di katakan oleh  Hurlock  (2019)  faktor-faktor  yang  mempengaruhi perkembangan  motorik  halus  pada  anak  antara  lain: Faktor  hereditas  (warisan  sejak  lahir  atau  bawaan), faktor  lingkungan  yang  menguntungkan  atau  yang merugikan   kematangan   fungsi-fungsi   organis   dan fungsi psikis, secara aktivitas anak sebagai subjek bebas yang  berkemauan,  kemampuan,  punya  emosi  serta mempunyai  usaha  untuk  membangun  diri  sendiri. Manfaat yang bisa diperoleh dari motorik halus pada anak usia dini, diantaranya a. Melatih kemampuan motorik halus, b. Melatih koordianasi mata dan tangan untuk melakukan kegiatan yang rumit, c. Meningkatkan kreatifitas, d. Meningkatkan kesabaran, e. Mengenal warna dan bentuk, f. Melatih anak untuk menyelesaikan masalah dengan permainan kolase. Dengan menyadari pengertian dan manfaat motorik halus  pada anak, maka penting bagi guru untuk menyikapi permasalahan yang ada. Langkah pertama yang dilakukan adalah mengidentifikasi akar permasalahan, yaitu dengan memperhatikan metode pembelajaran serta media pembelajaran. Kemampuan pedagogik guru dalam merancang pembelajaran menggunakan metode dan media yang menarik dan melibatkan teknologi tentu akan sangat relevan dalam mengatasi permasalahan tersebut.
KEMBALI KE ARTIKEL