Untuk dirinya maupun untuk pebelajar. Sedangkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu strategi pembelajaran yang berpusat   pada siswa, yang menuntut siswa untuk terampil dan peka terhadap pemecahan     masalah yang ada di lingkungan riil sosialnya secara kolaboratif. PBL merupakan model pembelajaran konstruktivisme, dimana fokus pembelajaran ada pada masalah yang dipilih yang mengandung isu-isu atau permasalahan global yang saat ini terjadi. Dalam praktik pembelajaran Kurikulum 2013 yang penulis lakukan selama ini , pembelajaran kurang variatif dengan hanya menggunakan metode ceramah dengan media papan tulis. Guru hanya berfokus pada bagaimana sedapat mungkin mengajar target pelajaran pelajaran yang telah dirumuskan di dalam kurikulum. Hal ini     menyebabkan proses pembelajaran tidak menyenangkan, siswa tidak antusia, pasif  dan kurang semangat dalam mengikuti pelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar siswa menjadi rendah. Siswa merasa jenuh dan bosan dengan metode pembelajaran yang kurang bervariatif.
KEMBALI KE ARTIKEL