Kegiatan pembelajaran tidak lepas dari kegiatan penilaian. Menurut Angelo dan Croos (Abidin, 2014), penilaian merupakan sebuah proses yang didesain untuk membantu guru menemukan hal-hal yang telah dipelajari siswa di dalam kelas dan tingkat keberhasilannya dalam pembelajaran. Oleh karena itu kegiatan penilaian salah satunya adalah pada saat proses pembelajaran berlangsung. Pada penilaian proses mengukur sejauh mana peserta didik dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran yang telah direncanakan apakah berjalan dengan baik atau sebaliknya. Hal yang sama juga diungkapkan oleh  Borg dan Gall (1983) Asesmen proses adalah pendekatan yang digunakan untuk mengukur kemajuan siswa selama proses belajar mengajar berlangsung. Ini melibatkan pengamatan, pengukuran, dan penilaian berkelanjutan terhadap aktivitas, partisipasi, dan pemahaman siswa selama pembelajaran. Asesmen proses membantu guru untuk memahami bagaimana siswa belajar dan memberikan umpan balik yang lebih informatif untuk perbaikan selama pembelajaran. Â
KEMBALI KE ARTIKEL